FOLLOW US:


Avintia Tekad Mundur, Tim Valentino Rossi Bisa Naik ke MotoGP

15-09-2020 09:38

 | Anindhya Danartikanya

Avintia Tekad Mundur, Tim Valentino Rossi Bisa Naik ke MotoGP
Pembalap Esponsorama Racing, Johann Zarco © Esponsorama Racing

Bola.net - Avintia Racing, yang kini lebih dikenal dengan Esponsorama Racing dan merupakan tim satelit Ducati, dikabarkan bertekad mundur dari MotoGP pada 2021. Pada Senin (14/9/2020), GPOne pun mengabarkan ada dua tim yang jadi kandidat pengganti, yakni Leopard Racing dan Team VR46.

Tadinya, Avintia bernama Team BQR dan dibentuk oleh Raul Romero dan Josep Silva pada 1994. Sejak 2009, mereka pernah turun di GP125, GP250, Moto3, Moto2, MotoGP, dan MotoE. Pada 2012, tim ini ganti nama menjadi Avintia Racing dan menjalani debut MotoGP dan bernaung di bawah kategori CRT dengan FTR-Kawasaki.

Pada tengah 2014, tim ini melepaskan diri dari Kawasaki dan FTR, dan bernaung di bawah kategori Open, bekerja sama dengan Ducati Corse sejak lima seri terakhir. Pada 2018, tim ini kedatangan juara dunia Moto2 2014, Tito Rabat, namun tak mendapatkan dukungan teknis terkini dari Ducati karena sekadar berstatus tim pelanggan.

1 dari 3

Berniat Hengkang Meski Makin Kompetitif

Berniat Hengkang Meski Makin Kompetitif
Pembalap Hublot Reale Avintia Racing, Johann Zarco © Reale Avintia

Avintia yang berganti jadi Esponsorama Racing pada awal 2020, menaungi Rabat dan juara dunia Moto2 2015 dan 2016, Johann Zarco. Mereka juga naik status jadi tim satelit dan dapat dukungan teknis lebih mumpuni. Mereka memang sekadar mendapat Desmosedici GP19, namun kini juga mendapatkan teknisi langsung dari Ducati Corse.

Bersama Zarco dan dukungan teknis Ducati yang lebih baik, Esponsorama pun sukses meraih podium perdananya di MotoGP usai finis ketiga di MotoGP Ceko pada Minggu (9/8/2020) lalu. Meski mereka makin kompetitif, tampaknya tim asal Spanyol yang bermarkas di Andorra ini tak lagi berminat melanjutkan kiprah di kelas para raja.

Padahal, Esponsorama diharapkan menaungi rider-rider muda Ducati, mengingat Enea Bastianini sudah tanda tangan kontrak dengan Ducati Corse dan diperkirakan bakal bertandem dengan Luca Marini. Sang manajer tim, Ruben Xaus, bahkan sudah mengonfirmasi di MotoGP San Marino bahwa Bastianini 99% bakal merapat ke timnya.

2 dari 3

Leopard Racing vs Team VR46

Leopard Racing vs Team VR46
Pembalap Sky Racing VR46, Luca Marini © Facebook/Sky Racing VR46

GPOne pun mengabarkan tempat Esponsorama bisa diambil Leopard Racing, tim bentukan konglomerat asal Luksemburg dan pemilik minuman berenergi Le0pard, Flavio Becca. Tim ini terbukti sukses kompetitif di Moto3 sampai sekarang, dan pernah merebut gelar dunia bersama Danny Kent pada 2015 dan Joan Mir pada 2017.

Team VR46, yakni tim milik Valentino Rossi yang kini turun di Moto3 dan Moto2, juga bisa jadi mengambil alih tempat Esponsorama. Jika terwujud, maka tim ini bisa jadi tempat yang baik untuk Marini dan Bastianini, yang sama-sama rider muda Italia. Apalagi Marini tengah membela tim itu di Moto2.

Meski ada kendala tersendiri bagi VR46. Jika mereka benar-benar akan menggantikan Esponsorama, maka berarti mereka harus bekerja sama dengan Ducati tahun depan. Padahal, Rossi merupakan ikon Yamaha lewat kiprahnya di MotoGP, dan pabrikan Garpu Tala dikenal sebagai suplier semua perlengkapan latihan VR46 Riders Academy.

Sumber: GPOne

3 dari 3

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino