Batal Hadir di Assen, Valentino Rossi Jagokan Pecco Bagnaia Menang

Anindhya Danartikanya | 23 Juni 2022 12:43
Legenda MotoGP sekaligus 9 kali juara dunia, Valentino Rossi (c) AP Photo

Bola.net - Sembilan kali juara dunia sekaligus MotoGP Legend, Valentino Rossi, mengaku berniat datang dalam pekan balap MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada 24-26 Juni 2022 mendatang. Sayangnya, niatan ini harus diurungkan karena jadwalnya bentrok dengan tes bersama Team WRT yang ia bela di GT World Challenge Europe musim ini.

Sejak pensiun dari MotoGP akhir tahun lalu, Rossi baru sekali hadir, yakni dalam Seri Portugal di Portimao pada April lalu. Ia datang untuk menyemangati Mooney VR46 Racing Team dan para muridnya dari VR46 Riders Academy. Ia ingin hadir lagi di Assen, namun terpaksa batal karena ia harus bertolak ke Spa-Francorchamps, Belgia, untuk tes mobil.

Niatan Rossi hadir di Assen sejatinya didorong oleh fakta bahwa akhir pekan lalu ia sempat menjalani balapan di sirkuit Belanda lainnya, yakni Sirkuit Zandvoort, yang beberapa tahun belakangan menggelar balapan Formula 1 dan menjadi kandang juara dunia 2021, Max Verstappen.

1 dari 2 halaman

Assen Trek Paling Berkesan bagi Valentino Rossi

Valentino Rossi (c) Twitter/Yamaha MotoGP

"Saya sangat ingin pergi ke Assen tahun ini untuk menonton MotoGP. Saya ingin melihat tim saya, adik saya, dan semua rider VR46. Sayangnya, tahun ini tak memungkinkan, karena kami sudah merencanakan tes di Spa-Francorchamps setelah balapan di Zandvoort," ungkap Rossi kepada Racesport.nl seperti yang dikutip Corsedimoto, Rabu (22/6/2022).

Saat ini, Angel Nieto adalah rider tersukses di Assen dengan 15 kemenangan. Namun, tak satu pun ia raih di kelas tertinggi. Posisi kedua ditempati oleh Giacomo Agostini dengan 14 kemenangan, 6 di antaranya ia raih di GP500. Rossi meraih 10 kemenangan, yang 8 di antaranya ia raih di MotoGP. Ia pun ingin Pecco Bagnaia mengikuti jejaknya akhir pekan ini.

"Assen merupakan salah satu trek favorit saya di kalender MotoGP. Saya meraih sepuluh kemenangan di sana, seperti jumlah kemenangan saya di Barcelona. Saya juga terakhir kali meraih kemenangan Grand Prix di sana pada 2017. Saya rasa Assen memang trek paling spesial bagi saya. Saya akan menjagokan Pecco akhir pekan ini," ungkap Rossi.

2 dari 2 halaman

Sebut Assen Sirkuit yang Cantik

Valentino Rossi (c) Twitter/Yamaha MotoGP

Pembalap 43 tahun ini juga mengomentari layout modern Sirkuit Assen. Seperti yang diketahui, Assen adalah satu-satunya trek yang tak pernah absen dari MotoGP sejak 1949, kecuali pada 2020 akibat pandemi Covid-19. Layout sirkuitnya terus mengalami perubahan signifikan, dan terakhir dipugar pada 2006 lalu.

"Assen kini tampak seperti sirkuit yang normal. Namun, tetap merupakan sirkuit yang cantik. Atmosfernya juga menyenangkan. Apalagi jika Anda berkendara di sektor terakhir: dalam balapan, rasanya seperti sedang masuk stadion. Saya pun berharap bisa segera datang ke Assen sebagai penonton," pungkas The Doctor.

Saat ini, Rossi memiliki empat murid yang berlaga di MotoGP, yakni Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), serta Luca Marini dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team).

Sumber: Racesport.nl/Corsedimoto

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR