FOLLOW US:


Brad Binder Akui MotoGP 2020 Bakal Uji Kekuatan Fisiknya

20-12-2019 14:40

 | Anindhya Danartikanya

Brad Binder Akui MotoGP 2020 Bakal Uji Kekuatan Fisiknya
Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder © KTM/Gold and Goose

Bola.net - Baru 'lulus' dari Moto2, Brad Binder tentu punya tugas menumpuk untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan baru di MotoGP musim depan bersama Red Bull KTM Factory Racing. Kepada Tutto Motori, Binder meyakini membentuk fisik ideal juga akan jadi tantangan berat.

Selain harus tekun mempelajari karakter dan perilaku motor MotoGP, Binder juga harus berlatih keras memperkuat fisiknya, mengingat motor-motor ini sangat bertenaga dan membutuhkan gaya berkendara yang berbeda untuk dijinakkan.

Binder pun sudah mulai menjalani latihan fisik bersama rider-rider Red Bull KTM lainnya di Austria pada awal musim ini, dan ia bertekad tiba di uji coba pramusim Sepang, Malaysia, pada Februari nanti dalam keadaan yang benar-benar bugar.

"Saya ingin bekerja sekeras mungkin selama musim dingin, hingga saat tiba di Sepang untuk uji coba lagi, situasi saya jadi lebih baik. Musim baru jelas bakal sangat berat untuk fisik saya, karena dibanding Moto2, MotoGP bedanya sangat besar, terutama cara kerja di atas motor," tuturnya.

1 dari 1

Akui Bukan Rider yang Cepat Belajar

Binder pun punya target spesifik dalam mengawali petualangan di MotoGP. Meski begitu, ia yakin bisa meraih sukses di kelas ini, meski belum tahu kapan bisa terwujud. "Saya tak ragu bisa tampil baik dan bertarung di papan atas, tapi kapan? Itulah yang belum saya ketahui," ujarnya.

"Saya bukan rider yang bisa cepat belajar, tapi sekalinya mengalami kemajuan dan menemukan ritme yang baik, biasanya saya bertahan di sana dan tampil konsisten. Jadi saya ingin mempertahankan mindset dan etos kerja saya, dan saya yakin bisa tampil di papan atas," pungkasnya.

Binder merupakan juara dunia Moto3 2016 dan runner up Moto2 2019. Sepanjang kariernya, rider berusia 24 tahun ini meraih 35 podium, yang 15 di antaranya merupakan kemenangan.

Sebagai rider berstatus debutan, Binder diperbolehkan turun dalam uji coba pramusim (shakedown) di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 2-4 Februari 2020, dan setelahnya bergabung dengan rider MotoGP lainnya pada 7-9 Februari.