Brad Binder: Bakal Keren Kalau Darryn Lompat dari Moto3 ke MotoGP

Anindhya Danartikanya | 18 Agustus 2021 08:44
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, memberi restu kepada sang adik yang masih turun di Moto3, Darryn Binder, untuk langsung melompat ke MotoGP pada 2022, mengikuti jejak Jack Miller pada 2015 lalu. Hal ini disampaikan Brad kepada Speedweek di sela MotoGP Austria pada Sabtu (14/8/2021).

Nama Darryn tiba-tiba dikait-kaitkan dengan Petronas Yamaha SRT pada rehat musim panas, mengingat Franco Morbidelli akan pindah ke tim pabrikan Yamaha dan Valentino Rossi memutuskan pensiun. Rumor itu makin santer di sela Seri Styria dan Austria, apalagi usai SRT gagal menggaet Toprak Razgatlioglu dan Raul Fernandez.

Baik Darryn maupun para petinggi SRT masih bungkam soal rumor ini. Sang direktur tim, Johan Stigefelt, juga ogah berkomentar soal hengkangnya Petronas sebagai sponsor utama mereka, dan hanya berkata lewat MotoGP.com bahwa timnya baru akan membeberkan program musim depan di sela MotoGP Inggris, 27-29 Agustus nanti.

1 dari 2 halaman

Yakin Darryn Binder Bisa Bekerja dengan Baik

Pembalap Petronas Sprinta Racing, Darryn Binder (c) Petronas SRT

Hengkangnya Petronas memang membuat masa depan SRT kelam. Musim depan, mereka hanya akan turun di MotoGP, dan gulung tikar dari Moto3 dan Moto2. Darryn, yang kebetulan membela tim yang sama di Moto3, langsung dipertimbangkan SRT untuk jadi rider MotoGP mereka pada 2022.

Pada Senin (16/8/2021), Autosport menyebut Darryn diminta hadir di Sirkuit Brno, Ceko, Selasa (17/8/2021), untuk menjalani uji coba bersama Yamaha di atas motor superbike YZF-R1. Uji coba ini tampaknya jadi sesi penilaian soal kelayakan performa Darryn di atas motor besar. Brad pun senang atas kans yang didapat adiknya.

"Saya dengar rumor-rumor itu, jelas. Saya bakal senang berbagi lintasan dengan adik saya. Jika ini bisa terwujud, maka jelas bakal sangat keren bagi kami. Melompat langsung dari Moto3 ke MotoGP sudah jelas merupakan langkah yang sangat besar. Namun, saya rasa ia masih bisa bekerja dengan baik," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Didukung Jack Miller

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) AP Photo

Meski belum ada kepastian dan pengumuman resmi, langkah Darryn untuk melompat langsung dari Moto3 ke MotoGP juga disambut hangat oleh Miller, satu-satunya rider di era modern Grand Prix yang lompat langsung dari kelas teringan ke kelas tertinggi pada 2015 lalu, usai jadi runner up Moto3 2014.

"Orang seperti Darryn, jika dapat kesempatan, mengapa tidak? Ia punya keberanian dan kemampuan hebat, itu jelas. Jika dapat kans ke MotoGP, Anda tak boleh menolak. Ini kereta yang hanya lewat sekali atau dua kali. Beberapa orang bahkan tak dapat kans ini. Jika dapat, Anda harus menyahutnya," ujarnya via Crash.net.

Sebelum Miller, ada satu lagi pembalap yang pernah melompat langsung dari kelas teringan ke kelas tertinggi Grand Prix, yakni Garry McCoy. McCoy, yang juga berasal dari Australia seperti Miller, naik dari kelas GP125 ke GP500 pada 1998 lalu.

Sumber: Speedweek, Autosport, Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR