FOLLOW US:


Brad Binder Pasti Bertahan, KTM Siapkan Uji Coba MotoGP

09-07-2019 15:00

 | Anindhya Danartikanya

Brad Binder Pasti Bertahan, KTM Siapkan Uji Coba MotoGP
Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder © KTM

Bola.net - Meski belum melakukan pengumuman resmi, Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, mengaku pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan Brad Binder untuk melanjutkan kerja sama. Meski begitu, lewat Speedweek, Beirer menyatakan mereka belum memutuskan di kelas balap mana mereka akan menurunkan Binder: tetap di Moto2, atau justru di MotoGP.

Usai meraih sukses bersama Miguel Oliveira dan Binder pada dua tahun pertama mereka di Moto2, KTM justru kesulitan musim ini, yakni musim di mana Triumph menjadi pemasok tunggal mesin kelas tersebut. Sejauh ini, Binder merupakan rider KTM terbaik, berada di peringkat 8 dengan 84 poin dan dua podium.

Masih merasa Binder berpotensi besar, KTM pun ingin mempertahankannya di Moto2. Meski begitu, jebloknya performa Hafizh Syahrin di MotoGP tahun ini membuat KTM kembali putar otak. Mereka tengah menggodok rencana untuk menggantikan Syahrin dengan Binder musim depan.

"Brad dan MotoGP 2020 adalah dua topik yang kami diskusikan secara intensif. Kami punya opsi mempertahankan Brad, dan kami sudah bicara sejak 3 pekan lalu. Tapi secara umum kami bicara soal apa ia mau bertahan dengan kami. Kami sepakat ambil opsi ini, ia akan lanjut dengan KTM dan Red Bull," ujar Beirer.

1 dari 2

Binder Masih Ingin Juarai Moto2

Pria asal Jerman ini tak memungkiri, bahwa pada awalnya KTM tak berniat mengubah komposisi rider Red Bull KTM Ajo di Moto2, dan ingin tetap menggandengkan Binder dengan Jorge Martin, mengingat Binder masih mereka anggap sebagai senjata terampuh di kelas balap tersebut.

"Meski posisi kami di klasemen tak sesuai harapan, kami berdiskusi secara terbuka karena target Brad adalah menjuarai Moto2. Ia tak ingin meninggalkan Moto2 jika keinginannya belum tuntas. Tapi memang benar, kami juga diskusi soal peluang naik ke MotoGP. Meski begitu, jelas ia akan bertahan di KTM," tutur Beirer.

2 dari 2

Tech 3 Bantah Sudah Tanda Tangan Kontrak

Bos Red Bull KTM Tech 3 yang menaungi Syahrin, Herve Poncharal, mengaku pihaknya bakal senang bila dapat kesempatan bekerja dengan Binder musim depan, dan sekali lagi menandemkannya dengan Oliveira. Meski begitu, pria Prancis ini menegaskan bahwa KTM, Tech 3, dan Binder belum menandatangani kontrak apa pun.

"Rider seperti Brad jelas takkan mengecewakan. Ia sangat cerdas, saya percaya padanya. Tapi saya tegaskan, ia tak menandatangani kontrak dengan Tech 3 untuk MotoGP, meski saya bakal senang bila Brad mau jadi bagian dari tim kami. Tapi KTM lah ambil keputusan," tutup Poncharal, yang ingin mempertahankan Syahrin dan menurunkannya di Moto2 sebagai tandem Marco Bezzecchi.

Speedweek juga mengabarkan bahwa Binder akan ikut menjalani uji coba pascabalap MotoGP di Brno, Ceko, pada 5 Agustus mendatang dan mengendarai motor RC16. Hal ini pun sesuai dengan janji Beirer, yang berjanji menghadiahi Binder sebuah uji coba MotoGP bila mampu meraih kemenangan di Moto2 2018.