FOLLOW US:


Brad Binder Resmi ke MotoGP 2020 Bareng Red Bull KTM Tech 3

10-07-2019 20:30

 | Anindhya Danartikanya

Brad Binder Resmi ke MotoGP 2020 Bareng Red Bull KTM Tech 3
Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder © KTM/Gold and Goose

Bola.net - Usai menjadi desas-desus di paddock, Brad Binder akhirnya secara resmi diumumkan bakal naik ke MotoGP musim depan bersama Red Bull KTM Tech 3, menggantikan Hafizh Syahrin. Untuk kedua kali, pebalap asal Afrika Selatan ini juga akan bertandem dengan Miguel Oliveira.

Rumor soal naiknya Binder ke MotoGP sudah berembus selama sebulan terakhir, yakni setelah Syahrin kesulitan beradaptasi dan meraih hasil baik di atas motor RC16. Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer bahkan menyatakan telah berdiskusi dengan Binder selama tiga pekan belakangan.

Binder menjalani debut Grand Prix di kelas GP125 2011, turun dalam lima balapan bersama Andalucia Banca Aprilia. Binder akhirnya berkompetisi secara penuh di Moto3 pada 2012 di atas Kalex KTM bersama RW Racing GP, serta Ambrogio Racing pada 2013 dan 2014 bersama Mahindra.

Pada 2015, Binder mulai dekat dengan KTM, membela tim utama mereka, Red Bull KTM Ajo, dan duduk di peringkat 6. Setahun setelahnya, ia sukses meraih gelar dunia. Prestasi ini membuatnya naik ke Moto2 2017 dengan tim yang sama. Sepanjang 2017, ia meraih 3 podium untuk KTM, dan berhasil meraih 3 kemenangan pada 2018.

1 dari 2

Tetap Jadi Andalan Meski KTM Terpuruk

Tahun ini, yakni ketika Triumph untuk pertama kalinya menjadi pemasok tunggal mesin Moto2, KTM memang terpuruk, namun Binder merupakan rider terbaik mereka dengan duduk di peringkat 8 pada klasemen pebalap, usai finis kedua di Assen, Belanda, dan Sachsenring, Jerman.

Dengan terpuruknya Syahrin di MotoGP musim ini, KTM dan Tech 3 pun mencari solusi, yakni menggaet Binder sebagai penggantinya. Dengan begitu, kakak Darryn Binder ini pun akan menjadi pebalap Afrika Selatan pertama yang naik ke kelas balap tertinggi, setelah Shane Norval.

2 dari 2

Pernyataan Binder via Situs MotoGP

"Jika melihat ke depan, rasanya sangat menyenangkan, rasanya sungguh gila memikirkan bahwa saya akan balapan di MotoGP tahun depan. Saya harus berterima kasih banyak kepada KTM yang telah menaruh kepercayaan kepada saya dan membawa saya ke kelas tertinggi, dan ya, saya sangat bersemangat untuk memulai tahun depan dan melihat bagaimana jalannya.

"Tahun depan saya rasa target utama saya adalah belajar secepat mungkin, dan belajar dari orang-orang yang jauh lebih berpengalaman di atas KTM. Saya jelas ingin melakukannya dengan cepat, tapi di MotoGP segalanya sangatlah sulit dan persaingannya sangat ketat. Jadi saya yakin saya butuh waktu untuk menjejakkan kaki di MotoGP, tapi saya yakin kami bisa bekerja dengan baik di sana."

Menjelang rehat musim panas ini, Binder berada di peringkat 8 pada klasemen pebalap Moto2 dengan 84 poin, unggul 57 poin dari rider KTM lainnya, Iker Lecuona (American Racing KTM) di peringkat 16.

Syahrin sendiri tengah berada di peringkat 25 pada klasemen pebalap MotoGP dengan 3 poin, tertinggal 12 poin dari Oliveira di peringkat 18. Belum ditentukan ke mana El Pescao berlabuh tahun depan, namun Red Bull KTM Tech 3 bertekad menurunkannya di Moto2 untuk ditandemkan dengan Marco Bezzecchi.