FOLLOW US:


Vinales Kembali Bantah Yamaha Hanya Berpihak Padanya

10-07-2019 12:10

 | Anindhya Danartikanya

Vinales Kembali Bantah Yamaha Hanya Berpihak Padanya
Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, sekali lagi membantah bahwa dirinya merupakan rider nomor satu di pabrikan Garpu Tala, dan menegaskan bahwa komentar dan masukan sang tandem, Valentino Rossi, juga didengarkan dengan baik.

Usai memenangi balapan di MotoGP Belanda dua pekan lalu, Vinales menyatakan bahwa hasil gemilang tersebut takkan otomatis menjadikannya rider nomor satu di Yamaha. Top Gun bahkan yakin ia takkan bisa mengambil alih status Rossi sebagai sosok paling berpengaruh di Yamaha.

Dalam balapan di Sachsenring, Jerman akhir pekan lalu, Vinales pun finis kedua, lagi-lagi menjadi rider terbaik Yamaha, mengingat Rossi hanya finis di posisi 8, Franco Morbidelli di posisi 9, dan Fabio Quartararo gagal finis untuk pertama kalinya.

Hasil ini bahkan membuat Vinales mengambil alih peringkat 5 pada klasemen pebalap dari genggaman Rossi. Mengoleksi 85 poin, kini juara dunia Moto3 2013 tersebut unggul 5 poin dari The Doctor.

1 dari 2

Bukan Referensi Utama di Yamaha

Meski begitu, Vinales menyatakan ia bukanlah referensi utama di Yamaha. Ia menyebut semua rider diperlakukan setara, dan seluruh masukan Rossi juga didengarkan demi pengembangan serta perbaikan performa YZR-M1 yang terpuruk selama 2 tahun terakhir.

"Sudah jelas bagi saya, dan saya sudah bilang di Assen, bahwa Yamaha bekerja untuk kedua ridernya, menuju arah yang disukai semua orang. Sudah jelas memang lebih baik tim bekerja ke arah yang sama. Komentar saya dan Vale sangat mirip," ungkap Vinales kepada Marca.

2 dari 2

Nantikan Motor Baru di Brno

Meski begitu, rider Spanyol ini tak bisa menutupi rasa senangnya karena akhirnya mampu membawa M1 kembali meraih hasil menjanjikan. Kini ia pun siap menjajal M1 versi 2020 yang akan ia kendarai untuk pertama kali dalam uji coba pascabalap di Brno, Ceko, pad 5 Agustus mendatang.

"Tentu saya sangat senang bisa menjadi rider terbaik Yamaha. Kami mampu mengeluarkan seluruh potensi motor. Pada Senin di Brno, motor baru akan datang, kita lihat saja nanti. Tapi kami akan fokus pada balapan, memperbaiki motor tahun ini demi lebih siap menghadapi tahun depan," pungkasnya.

Selain menang di Assen dan finis kedua di Sachsenring, Vinales juga sukses meraih podium di Jerez, Spanyol usai finis ketiga. Sayangnya, ia mengalami tiga kali gagal finis pada awal musim ini, yang ketiganya terjadi akibat tertabrak pebalap lain.