FOLLOW US:


Bukan Valentino Rossi, Franco Morbidelli Lah yang Justru Ikut WRC Monza 2020

21-11-2020 17:33

 | Anindhya Danartikanya

Bukan Valentino Rossi, Franco Morbidelli Lah yang Justru Ikut WRC Monza 2020
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli © SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, bakal berpartisipasi dalam Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 2020 Seri Monza yang bakal digelar di Autodromo Nazionale di Monza, Italia, pada 3-6 Desember nanti, yakni setelah MotoGP 2020 berakhir di Portimao, Portugal.

Seperti yang dikabarkan pada pertengahan tahun, Monza Rally Show yang biasanya digelar sebagai event tunggal tahunan, kali ini dimasukkan ke dalam kalender WRC 2020. Biasanya, event digelar pada akhir tahun, dan diikuti begitu banyak pereli dan pembalap dari berbagai kejuaraan dunia.

Menurut rilis resmi WRC, Morbidelli yang merupakan juara dunia Moto2 2017 akan bertandem dengan Umberto Scandola dan bernaung di Hyundai Rally Team Italia WithU Motorsport, yang turun di WRC 3 musim ini. Morbidelli akan mengendarai mobil Hyundai i20 R5.

1 dari 3

Siap Hadapi Tantangan Baru

Baik Morbidelli maupun Scandola hadir dalam gelaran promosi Reli Ciocco di Toskana, Italia, pada Juni lalu, yang juga dihadiri oleh pereli ternama Dani Sordo dari Hyundai Motorsport. Event tersebut pun dianggap sebagai 'pemanasan' bagi Morbidelli.

"Saya sangat senang mendapat kesempatan ambil bagian dalam WRC. Bakal jadi kesempatan menakjubkan bisa berkendara dengan para pereli terbaik di dunia, sekaligus berkompetisi di disiplin olahraga yang berbeda," ungkap Morbidelli lewat situs resmi WRC, Sabtu (21/11/2020).

"Kesempatan ini bakal menyenangkan, meski saya harus mempelajari banyak detail dengan cepat, dan pasti takkan mudah beradaptasi dengan kendaraan roda empat dalam waktu singkat. Ini kesempatan sekali seumur hidup. Saya akan mengikuti arahan dari Umberto demi menjalani uji coba pertama sesiap mungkin," lanjut Morbidelli.

2 dari 3

Tadinya Valentino Rossi Dikabarkan Ikut

Sebelum WRC mengumumkan Morbidelli sebagai salah satu pereli tamu dalam Seri Monza, tadinya justru sang mentor, Valentino Rossi yang dikabarkan bakal ikut. Pasalnya, Rossi dikenal sebagai salah satu peserta paling sukses di Monza Rally Show.

Sembilan kali juara dunia di ajang Grand Prix ini berhasil menjuarai Monza Rally Show sebanyak tujuh kali, yakni pada 2006, 2007, 2012, 2015, 2016, 2017, dan 2018. Rossi sendiri pernah tiga kali turun di WRC, yakni di Seri Inggris pada 2002 dan 2008, serta Seri Selandia Baru 2006.

Meski begitu, belum diketahui apakah Rossi benar-benar akan ikut dalam gelaran tahun ini bersama Morbidelli, mengingat ia juga akan turun dalam gelaran Gulf 12 Hours pada 9 Januari 2021 mendatang.

Sumber: WRC

3 dari 3

Video: Highlights Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020