FOLLOW US:


Cal Crutchlow Mendadak Cedera Lutut, Coba Balapan di Jerman

05-07-2019 10:40

 | Anindhya Danartikanya

Cal Crutchlow Mendadak Cedera Lutut, Coba Balapan di Jerman
Rider LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow © LCR Honda

Bola.net - Rider LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, mendadak didera cedera lutut kanan menjelang MotoGP Jerman di Sachsenring akhir pekan ini. Ia menyatakan bahwa ia terjatuh saat berlatih sepeda di Assen, Belanda, pada Rabu (3/7) siang. Kepada Crash.net, ia pun bertekad untuk tetap turun lintasan pada Jumat (5/7).

Crutchlow mengaku tak merasa nyaman dengan tinggi sadelnya, dan berusaha memeriksanya saat melaju di jalanan berbatu. Rider ini sudah setengah membungkuk untuk mengecek, namun kakinya selip. Lutut kanannya pun terbentur sangat keras di permukaan jalan.

Insiden in pun membuat Crutchlow mengalami keretakan pada puncak tulang tibia kaki kanannya, dan ligamen lutut anterior (ACL) kanannya sobek. Cedera ini pun memunculkan cairan hitam dalam lutut Crutchlow, yang telah diambil sekitar 100 ml pada Kamis (4/7) di Sachsenring.

"Saya tak dalam kondisi yang baik. Saya tak yakin bisa berkendara besok, tapi kita lihat saja. Insiden macam ini bisa terjadi. Tak biasanya Anda bisa mengalami selip ketika turun dari sepeda. Inilah situasi saya akhir pekan ini. Selalu ada drama," ujar juara World Supersport 2009 ini.

1 dari 2

Cairan Lutut Jadi Masalah

Usai cairan lututnya diambil, Crutchlow bisa menekuk lututnya pada Kamis siang, tapi juga dibantu oleh obat pereda rasa sakit. Ia pun mengaku belum tahu apakah ia tetap bisa menekuk lutut di sisa pekan balap, mengingat cairan dalam lututnya tak lagi bisa diambil sampai Senin (8/7) mendatang.

"Sekarang saya bisa menekuk lutut, tapi dua jam lagi, saya tak tahu. Saat cairannya muncul lagi, saya tak tahu. Setelah cairannya diambil, saya bisa menekuk lutut pagi ini. Masalahnya, mulai besok saya tak lagi bisa ambil cairannya. Ada 'larangan jarum' dalam pekan balap. Saya akan coba mengendalikan situasi ini sebaik mungkin," ungkapnya.

2 dari 2

Tetap Berencana Turun Lintasan

Crutchlow pun menyatakan bahwa rasa percaya dirinya untuk tetap mencoba turun lintasan di Sachsenring muncul berkat fakta dirinya mampu pulang ke rumah dengan sepedanya usai terjatuh.

"Saya tetap berencana berkendara, coba menjalani pekan balap yang baik. Ironisnya, beberapa balapan terbaik saya justru terjadi saat saya cedera. Saya harus ambil positifnya. Tapi tikungan kanan di sini lebih sempit dari tikungan kiri. Kita lihat saja. Saya tak bisa berbuat apa-apa. Beginilah situasinya," tutupnya.

Usai finis ketujuh di Assen akhir pekan lalu, saat ini Crutchlow tengah duduk di peringkat 10 pada klasemen pebalap dengan koleksi 51 poin, hanya unggul 3 poin dari sang tandem, Takaaki Nakagami di peringkat 11.