Daniel Ricciardo Resmi Balik ke Red Bull di Formula 1 2023, Jadi Pembalap Cadangan

Anindhya Danartikanya | 24 November 2022 12:53
Daniel Ricciardo dan Christian Horner (c) Twitter/Oracle Red Bull Racing

Bola.net - Oracle Red Bull Racing resmi mengumumkan kembalinya Daniel Ricciardo ke skuad mereka sebagai pembalap ketiga alias cadangan di Formula 1 2023. Hal ini mereka umumkan pada Rabu (23/11/2022) usai rumornya santer beredar di pekan balap GP Abu Dhabi.

Ricciardo tadinya merupakan salah satu pembalap junior Red Bull dan menjalani debut F1 bersama Red Bull Racing dalam tes pembalap muda di Jerez, Spanyol, pada akhir 2009. Pada 2011, ia menjabat sebagai test driver dan pembalap cadangan Scuderia Toro Rosso (kini Scuderia AlphaTauri).

Ricciardo akhirnya menjalani debut di F1 secara penuh pada 2012 bersama Toro Rosso. Pada 2014, ia kemudian dipilih untuk menggantikan Mark Webber di Red Bull Racing. Ia meraih podiumnya yang pertama di Barcelona-Catalunya dan kemenangan perdana di Kanada.

1 dari 2 halaman

Sukses Bersama Red Bull

Daniel Ricciardo saat masih membela McLaren F1 Team di F1 2022. (c) AP Photo

Saat membela Red Bull Racing, Ricciardo dianggap sebagai salah satu pembalap terbaik di grid, dan prestasi terbaiknya adalah peringkat 3 pada 2014 dan 2016. Namun, pada 2019, ia memilih hengkang ke Renault F1 Team. Sayang, dalam dua musim, ia hanya mampu dua kali naik podium, dan puasa kemenangan.

Pada 2021, pembalap Australia berdarah Italia ini pindah ke McLaren F1 Team dengan kontrak tiga musim. Ia secara mencengangkan memenangi GP Italia di Monza, tetapi sejak itu selalu gagal kembali ke podium. Melihat performanya yang tak kunjung membaik, McLaren memilih memutus kontraknya setahun lebih awal.

Merasa tak memiliki opsi layak untuk bertahan dalam kompetisi pada 2023, Ricciardo akhirnya menerima tawaran Red Bull Racing untuk kembali. Namun, kali ini ia akan menjabat sebagai pembalap cadangan untuk Max Verstappen dan Sergio Perez. Berikut pernyataan resmi Ricciardo lewat Formula1.com.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Daniel Ricciardo

"Senyuman saya mengatakan segalanya. Saya sangat bersemangat bisa pulang ke Oracle Red Bull Racing sebagai pembalap ketiga mereka pada 2023.

"Saya punya banyak kenangan manis dari masa-masa saya di sini, tetapi sambutan dari Christian Horner, Dr. Helmut Marko, dan seluruh anggota tim adalah hal yang sungguh saya hargai.

"Bagi saya sendiri, kemampuan berkontribusi dan dikelilingi tim terbaik di F1 sangatlah menarik. Ini juga memberi saya waktu untuk mengisi ulang baterai dan kembali fokus.

"Saya tak sabar bekerja dengan tim dan mendukung mereka lewat kinerja di simulator, sesi tes, dan segala aktivitas komersial. Let's go!"

Sumber: Formula 1

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR