FOLLOW US:


Dibanding Tech 3, Petronas Merasa Lebih Diperhatikan Yamaha

10-09-2019 12:45

 | Anindhya Danartikanya

Dibanding Tech 3, Petronas Merasa Lebih Diperhatikan Yamaha
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli © SRT

Bola.net - Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, mengaku senang pihaknya lebih diperhatikan oleh Yamaha Motor Racing, mengingat tim satelit mereka yang terdahulu, Monster Yamaha Tech 3, yang tak mendapatkan dukungan teknis yang terlalu masif. Hal ini disampaikan Zeelenberg kepada Motorsport Total.

Menjalani debut di MotoGP tahun ini, SRT langsung mendapat satu motor YZR-M1 spek pabrikan seperti milik Monster Energy Yamaha, dan motor ini dipakai oleh Franco Morbidelli. Fabio Quartararo juga mendapatkan YZR-M1 dengan mesin 2019, namun perangkat lainnya merupakan perangkat dari musim-musim sebelumnya.

Morbidelli pun mampu bertarung di posisi lima besar, kadang bertarung sengit dengan Valentino Rossi dan Maverick Vinales, sementara Quartararo, meski M1 miliknya tak sepenuhnya merupakan versi terbaru, justru lebih konsisten bertarung memperebutkan podium dan kemenangan.

"Saya rasa Yamaha cukup puas, karena tadinya mereka tak tahu apa yang harus diharapkan dari kami. Di masa mendatang, kami ingin menang sesegera mungkin. Kami adalah tim junior karena bakal sulit memperebutkan gelar dunia, tapi saya ingin kami memenangkan beberapa balapan," ungkap Zeelenberg.

1 dari 2

Senang Dapat Perhatian Lebih

Senang Dapat Perhatian Lebih
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo © SRT

Berkat performa pebalapnya yang gemilang musim ini, Petronas pun dikabarkan bertekad menggelontorkan dana lebih besar agar Morbidelli dan Quartararo sama-sama mendapatkan M1 spek pabrikan terbaru musim depan. Mereka tak ingin senasib dengan Tech 3, yang selalu mendapat M1 yang setahun lebih 'tua'.

"Kemenangan adalah hal yang diinginkan setiap pebalap dan tim, tapi bertarung dengan tim pabrikan tidaklah mudah. Fabio juga belum terlalu siap, meski di masa depan ia mungkin bakal juara. Semua tergantung Marc Marquez dapat masalah atau tidak," ujar Zeelenberg.

Pria Belanda ini juga menyebut kini SRT juga jadi acuan tim pabrikan, yang kini jadi lebih sering menilik data mereka. "Yamaha memberi perhatian lebih kepada kami ketimbang Tech 3. Mereka memang lama bekerja sama dengan Tech 3, tapi entah kesepakatan apa yang dulu mereka jalin dengan Yamaha," tuturnya.

2 dari 2

Punya Misi yang Nyata

Zeelenberg juga menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan segala cara demi mendapatkan kepercayaan dari Yamaha agar mereka mau memberikan motor spek terbaru untuk Morbidelli dan Quartararo musim depan.

"Misi kami sudah jelas, kami ingin punya motor terbaik. Jelas memang ada harga tinggi, tapi kami sudah bertanya pada Yamaha dan mereka bilang hal ini memungkinkan. Saya tak tahu apakah peluang yang sama memang pernah ada dan apakah mereka juga akan memberikan peluang ini kepada Tech 3," tutup Zeelenberg.

Menjelang MotoGP Misano, San Marino, 13-15 September nanti, Quartararo dan Franco Morbidelli masing-masing berada di peringkat 8 dan 10 pada klasemen pebalap dengan koleksi 92 dan 69 poin.

Sumber: Motorsport Total