Direktur Medis MotoGP Minta Marc Marquez Serahkan 'Sertifikat' Mata di Austin

Anindhya Danartikanya | 7 April 2022 14:05
Direktur Medis MotoGP Minta Marc Marquez Serahkan 'Sertifikat' Mata di Austin
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Direktur Medis MotoGP, dr. Angel Charte, meminta rider Repsol Honda, Marc Marquez, menunjukkan 'sertifikat' oftalmologis yang menyatakan ia sudah pulih total dari diplopia, alias penglihatan ganda, mata kanan jelang Seri Austin di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat, 8-10 April 2022.

Marquez diketahui telah tiga kali dirundung cedera ini. Yang terakhir kambuh usai ia mengalami gegar otak akibat kecelakaan hebat di sesi pemanasan MotoGP Mandalika, Indonesia, yang membuatnya harus absen dari balapan kala itu, begitu juga pekan balap MotoGP Argentina di Termas de Rio Hondo akhir pekan lalu.

Pada Selasa (5/4/2022), sang delapan kali juara dunia pun menjalani tes dengan CBR600RR di Spanyol untuk melihat kondisi matanya. Setelah menjalani tes motor, ia kembali menjalani pemeriksaan medis dengan dr. Sanchez Dalmau, dan akhirnya mendapatkan izin untuk berangkat ke Austin.

1 dari 2 halaman

Harus Pulih 100% dari Diplopia

dr. Angel Charte (c) Dorna Sports, MotoGP.comdr. Angel Charte (c) Dorna Sports, MotoGP.com

Meski begitu, menurut laporan Diario AS, Rabu (6/4/2022), saat berada di Circuit of The Americas, Marquez harus menjalani pemeriksaan medis lanjutan dengan dr. Angel Charte, yang memang bertugas memastikan semua pembalap cukup bugar untuk turun lintasan.

Dr. Charte pun mengakui bahwa pihaknya punya protokol yang sangat tegas untuk mengamati kondisi Marquez. "Ketika ia datang, Marc harus menyerahkan sertifikat oftalmologis yang menyatakan bahwa dia sudah 100% pulih dari penglihatan ganda," ungkapnya.

Pria asal Spanyol itu juga menyatakan bahwa ketentuan ini telah dimasukkan ke dalam protokol medis MotoGP sejak tahun lalu. Pasalnya, beberapa waktu belakangan ini, terdapat beberapa cedera yang harus mendapatkan penanganan dari spesialis dari cedera terkait.

2 dari 2 halaman

Harus Minta Kepastian dari Spesialis

Harus Minta Kepastian dari Spesialis

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Saya merupakan seorang ahli internis, jadi saya tak bisa bertindak sebagai dokter mata atau lainnya. Jadi, sejak tahun lalu, ada beberapa cedera tertentu yang kami hadapi dengan cara meminta sertifikat dari spesialis yang menanganinya, demi memastikan bahwa sang pasien sudah pulih," tutur dr. Charte.

Marquez sendiri sangat bersemangat bisa hadir di Austin akhir pekan ini. Pasalnya, ini merupakan trek favoritnya. Ia menyapu bersih semua pole di sana, kecuali pada 2021 lalu, saat ia harus start ketiga. Ia juga menyapu bersih kemenangan, kecuali pada 2019, saat ia gagal finis.

"Tentu saya sangat senang bisa kembali. Rasanya menyenangkan bisa kembali, apalagi melakukannya di salah satu trek favorit saya. Tak peduli situasinya, saya sangat senang berkendara di Texas dan punya kenangan-kenangan menakjubkan di sana," ungkap Marquez lewat rilis resmi tim.

Sumber: Diario AS, Honda Racing Corporation

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR