FOLLOW US:


Dorna Sports Tak Mau 2021 Jadi Musim Terakhir Valentino Rossi di MotoGP

08-04-2021 15:12

 | Anindhya Danartikanya

Dorna Sports Tak Mau 2021 Jadi Musim Terakhir Valentino Rossi di MotoGP
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Petronas SRT

Bola.net - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengaku sangat berharap 2021 takkan jadi musim terakhir Valentino Rossi berlaga di MotoGP. Dalam wawancaranya dengan GPOne, Sabtu (3/4/2021), Ezpeleta mengaku yakin pembalap Petronas Yamaha SRT itu bisa balapan sampai berusia 45 tahun, yakni sampai 2024 mendatang.

Dalam pekan balap Seri Qatar, Kamis (25/3/2021), lalu Rossi sendiri mengaku lewat MotosanGP bahwa dirinya bertekad tetap balapan pada 2022 nanti. Namun, sembilan kali juara dunia ini menyadari bahwa kesempatan itu bisa ia dapatkan hanya jika ia mampu tampil kompetitif dan konsisten memperebutkan podium musim ini.

The Doctor mengakui keputusannya sangat tergantung hasil balap 6-7 seri perdana tahun ini dan akan diambil pada liburan musim panas nanti. "Entah seberapa persentase saya bakal bertahan. Saya harap ini bukan musim terakhir saya, namun tentu semua tergantung pada hasil," ungkap pembalap berusia 42 tahun asal Italia ini.

1 dari 3

42 Tahun Tak Jauh Beda dengan 45 Tahun

42 Tahun Tak Jauh Beda dengan 45 Tahun
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta © MotoGP.com

Hal yang sama juga sempat dinyatakan Rossi dalam wawancaranya dengan La Repubblica pada Minggu (21/3/2021). Ia sama sekali tak memungkiri dirinya bukan anak muda lagi. Namun, ia menegaskan masih punya semangat yang sama berkobarnya seperti saat berusia 25 tahun.

"Resminya, saya punya kontrak untuk satu tahun, namun target saya adalah balapan dua tahun lagi. Semuanya tergantung pada situasi 2021. Jika saya bersenang-senang, memperebutkan podium, kemenangan, atau masuk lima besar, saya akan lanjut balapan. Jika tidak, kerja keras yang saya lakukan takkan ada gunanya," tuturnya.

Harapan Rossi ini pun diamini oleh Ezpeleta. "Saya harap Vale masih ada di sini tahun depan. Suatu hari nanti ia pasti pensiun, tapi apa bedanya antara 42 dan 45 tahun? Namun, Vale dan saya tak pernah ngobrol soal pensiun, baik pensiunnya ia atau pensiunnya saya. Dengan segala hormat, keputusan ada di tangannya," ujarnya.

2 dari 3

Valentino Rossi Ogah Sekadar 'Meramaikan'

"Terakhir kali kami mengobrol, ia bilang pada saya, 'Jika aku bersenang-senang, aku akan lanjut balapan, tapi aku tak mau hanya meramaikan'. Saya 100% menghormatinya, saya rasa Vale punya nilai luar biasa sebagai pembalap. Suatu hari nanti ia bakal pensiun, tapi saya tak berharap tahun ini jadi tahun terakhir," lanjut Ezpeleta.

Meski begitu, jika Rossi pensiun pada akhir musim nanti, Ezpeleta juga yakin ia takkan menghilang begitu saja dari paddock MotoGP. Ia yakin Rossi masih akan mondar-mandir, apalagi ia punya tim balap Sky Racing VR46 dan akademi balapa VR46 Riders Academy.

"Saya tahu Vale akan tetap di sini, karena dunia balap motor adalah hidupnya, dan ia telah melakukan pekerjaan fantastis dengan Academy, begitu juga sebagai pembalap. Saya yakin ia akan tetap begini," pungkas pria Spanyol berusia 74 tahun ini.

Sumber: MotosanGP, La Repubblica, GPOne

3 dari 3

Saksikan video berikut ini: