Ducati Resmi Pamerkan Motor MotoE, Sudah Dijajal di Misano

Anindhya Danartikanya | 21 Desember 2021 08:45
Michele Pirro menjajal prototipe motor MotoE Ducati di Misano. (c) Ducati Corse

Bola.net - Ducati resmi memamerkan prototipe pertama dari motor elektrik mereka yang akan diturunkan dalam kejuaraan MotoE mulai 2023 mendatang. Foto-foto motor tersebut dirilis ke publik pada Senin (20/12/2021), usai dijajal oleh sang test rider, Michele Pirro, di Sirkuit Misano, Italia, pada 16 Desember lalu.

MotoE pertama kali digulirkan pada 2019 dan Energica menjadi suplier tunggal motornya. Ajang ini pun digelar oleh Dorna Sports dengan tujuan mensosialisasikan alternatif bahan bakar untuk motor. Musim 2019 dijuarai Matteo Ferrari dari Gresini Racing, sementara 2020 dan 2021 dijuarai Jordi Torres dari Pons Racing.

Namun, pada Oktober, Energica mengumumkan 2022 akan jadi musim terakhir mereka di MotoE. Tak lama, tepatnya di sela MotoGP Emilia Romagna, Ducati diumumkan Dorna Sports sebagai suplier motor baru MotoE mulai 2023. Ducati sudah lama tertarik mengembangkan motor elektrik, dan menyebut MotoE bisa jadi 'laboratorium' terbaik.

1 dari 3 halaman

Belum Jadi Produk Final, Diberi Kode 'V21L'

Prototipe pertama motor MotoE produksi Ducati. (c) Ducati Corse

Motor yang dijajal Pirro di Misano pun masih berstatus 'prototipe' alias bukan merupakan produk final. Belum punya nama resmi, motor itu masih diberi kode 'V21L'. Selain itu, dalam uji coba ini, Ducati memutuskan untuk membatasi performanya sampai 70% saja, yang berarti masih ada ruang bagi motor itu untuk dikembangkan.

Departemen yang mengembangkan motor ini pun dipastikan berbeda dari departemen balap MotoGP. Perakitan dan pengembangan V21L merupakan hasil kerja sama dari tim Ducati Corse dan para insinyur dari departemen Ducati R&D, yang dipimpin oleh Direktur Ducati eMobility, Roberto Cane.

Berikut pernyataan resmi Roberto Cane dan Michele Pirro seperti yang dikutip dari rilis resmi Ducati.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Direktur eMobility Ducati, Roberto Cane

Michele Pirro menjajal prototipe pertama motor MotoE Ducati di Misano. (c) Ducati Corse

"Kami mengalami momen yang benar-benar luar biasa. Saya merasa sulit percaya bahwa ini adalah realitas dan bukan lagi mimpi! Melihat motor elektrik Ducati melaju di lintasan terasa mengagumkan, tak hanya berkat keunikannya, melainkan juga tipe pendekatannya: menantang bagi baik target performanya maupun perakitannya yang dilakukan dalam waktu sangat singkat.

"Tepatnya atas alasan ini, pekerjaan seluruh tim kami yang didedikasikan pada proyek ini sangatlah menakjubkan dan hasil ini telah membayar kerja keras kami selama beberapa bulan terakhir. Kami jelas belum selesai; justru kami tahu bahwa jalan kami di depan masih sangat panjang. Namun, saat ini kami sudah meletakkan batu pertama yang penting."

3 dari 3 halaman

Pernyataan resmi test rider Ducati Corse, Michele Pirro

Michele Pirro menjajal prototipe pertama motor MotoE Ducati di Misano. (c) Ducati CorseMichele Pirro menjajal prototipe pertama motor MotoE Ducati di Misano. (c) Ducati Corse

"Menjajal prototipe MotoE di sirkuit sangatlah menyenangkan, karena ini menandai sebuah awal dari bab penting dalam sejarah Ducati. Motornya ringan dan sudah punya keseimbangan yang baik. Lebih jauh, koneksi gas pada fase pembukaan pertama dan ergonominya sangat mirip dengan motor MotoGP.

"Jika bukan karena keheningannya dan fakta bahwa dalam uji coba ini kami memutuskan untuk membatasi pengeluaran tenaga hanya mencapai 70% dari performanya, saya bisa dengan mudah membayangkan sedang mengendarai motor saya (Desmosedici)."

Sumber: Ducati Corse

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR