FOLLOW US:


Fabio Quartararo: Jadi Pebalap MotoGP Itu Bukan Pekerjaan!

16-10-2019 13:10

 | Anindhya Danartikanya

Fabio Quartararo: Jadi Pebalap MotoGP Itu Bukan Pekerjaan!
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo © SRT

Bola.net - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, sukses menggebrak arena MotoGP dengan performanya yang kompetitif musim ini. Padahal, motor YZR-M1 miliknya punya spek yang lebih rendah daripada kebanyakan pebalap yang ada di grid.

Hanya mesin dan sasis bagian teranyar dari M1 milik El Diablo, sementara suspensi dan perangkat aerodinamika berasal dari versi 2018. Ia juga hanya punya jatah 5 mesin, dibanding rider Yamaha lain yang punya 7. Mesin ini juga punya 500 rpm lebih rendah.

"Saya merasa bisa mengendalikan motor, meski ada kalanya saya harus berkendara mencapai kimit, dan saya tak tahu apa saya bakal jatuh. Tapi dalam balapan saya sering merasakan limit dan saya mampu bertahan serta tak jatuh," ujarnya via Motorsport.com.

1 dari 2

Jika Lamban, Motor Bukan Alasan

Uniknya, dengan M1 ala kadarnya, Quartararo konsisten bertarung di papan atas, dan sejauh ini mengoleksi 5 podium dan 4 pole. Meski baru menjalani musim debut. Ia langsung digadang-gadang bakal membela tim pabrikan Yamaha pada 2021 mendatang.

"Saya tak bisa menjadikan motor sebagai alasan jika saya lebih lamban dari rider Yamaha lainnya. Bagi saya turun di MotoGP adalah impian, sebuah imbalan, dan inilah alasan saya selalu mengerahkan 100% tiap kali turun lintasan," ungkapnya.

2 dari 2

Waktu Bersenang-senang

Rider Prancis berusia 20 tahun ini juga mengaku dirinya sama sekali tak punya hal untuk dikeluhkan meski motornya bukanlah spek pabrikan seperti milik Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli.

"Saya tak punya keluhan. Tak sekalipun saya merasa mengendarai motor sebagai pekerjaan. Bagi saya, berkendara adalah waktu bersenang-senang," pungkas Quartararo.

Menjelang MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi akhir pekan nanti, Quartararo tengah duduk di peringkat 7 pada klasemen pebalap dengan 143 poin, hanya tertinggal 2 poin dari Rossi.

Sumber: Motorsport.com