Fabio Quartararo: Yamaha Tanpa Tim Satelit di 2023? Nggak Ngaruh!

Anindhya Danartikanya | 13 Mei 2022 13:38
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Tak hanya Suzuki yang membuat gempar MotoGP dengan keputusan hengkang pada akhir musim ini. WithU Yamaha RNF MotoGP Team juga kabarnya ingin meninggalkan Yamaha demi menjadi tim satelit Aprilia pada 2023 mendatang. Namun, Fabio Quartararo merasa santai andai Yamaha hanya menurunkan tim pabrikan.

RNF diketahui hanya punya kontrak setahun dengan Yamaha, yang akan habis akhir musim ini. Meski kolaborasi mereka sukses pada 2019-2021 dengan nama Petronas Yamaha SRT, sang pimpinan tim, Razlan Razali ingin skuadnya kembali menjadi tim junior seutuhnya, dan pindah ke Aprilia bisa memberi kesempatan itu.

Keinginan Razali ini beriringan dengan rumor bahwa tim milik Valentino Rossi, Mooney VR46 Racing Team, ingin jadi tim satelit Yamaha. Saat ini, VR46 sedang menjalani tahun kedua sebagai tim satelit Ducati. Namun, pindah ke Yamaha bakal memperumit tugas Luca Marini dan Marco Bezzecchi yang sedang beradaptasi di Ducati.

1 dari 2 halaman

Susah Tukar Data dengan Tim Satelit

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Racing

Jika RNF pindah ke Aprilia dan VR46 memutuskan tetap di Ducati, Yamaha pun terancam hanya menurunkan satu tim musim depan. Tim itu tentunya tim pabrikan, alias Monster Energy Yamaha, yang uniknya sampai saat ini belum juga mendapatkan tanda tangan Quartararo untuk perpanjangan kontrak pada 2023-2024.

Namun, El Diablo mengaku tak masalah andai Yamaha tak punya tim satelit. "Jika saya tetap ada di sana (Yamaha) tahun depan, maka punya dua motor saja tidak akan jadi masalah besar. Saat ini, kami juga sudah sedikit kesulitan membandingkan data dengan tim kedua. Jadi, bagi saya takkan jadi masalah," tuturnya via Crash.net.

Selain RNF, Aprilia juga punya kandidat tim satelit lain, yakni Leopard Racing yang kini turun di Moto3. Tim asal Luksemburg ini diketahui sudah lama ingin naik ke MotoGP, dan peluang mereka membesar tahun depan usai Suzuki memutuskan hengkang. Leopard juga menyatakan bahwa Aprilia adalah opsi terbaik mereka.

2 dari 2 halaman

Aleix Espargaro Sambut Hangat Tim Satelit Aprilia

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, mengaku bakal menyambut hangat skuad mana pun yang akan jadi tim satelit Aprilia. Menurutnya, penambahan tim akan membantu pengembangan RS-GP lebih cepat. Namun, ia menyatakan tak mau ambil pusing soal ini, karena memilih lebih fokus pada perebutan gelar tahun ini.

"Jelas situasi kini berubah banyak karena Suzuki hengkang, dan mungkin tim kedua di Yamaha juga bakal berubah. Saya dengar rumor bahwa Aprilia bisa punya tim satelit dan ini bakal bagus. Tapi pada akhirnya ini masih rumor dan pembicaraan. Saya tak bisa mengendalikannya dan saya fokus saja pada berkendara," tutupnya.

Sebagai catatan, Yamaha sendiri sudah mulai bergerak cepat dengan merayu RNF untuk bertahan, dengan cara mencoba menggaet juara dunia WorldSBK 2021, Toprak Razgatlioglu, yakni rider yang juga sudah diincar oleh Razali sejak 2020.

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR