FOLLOW US:


Fakta Unik Toprak Razgatlioglu, Juara WorldSBK 2021 yang Juga 'Barang Panas' di Dunia Balap Motor

21-11-2021 12:55

 | Anindhya Danartikanya

Fakta Unik Toprak Razgatlioglu, Juara WorldSBK 2021 yang Juga 'Barang Panas' di Dunia Balap Motor
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu © Yamaha Racing

Bola.net - Toprak Razgatlioglu, yang baru saja mengunci gelar WorldSBK 2021 usai finis kedua dalam Race 1 Seri Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Minggu (21/11/2021), tak pelak lagi seolah merupakan 'barang panas' di dunia balap motor.

Bagaimana tidak? Selain menggebrak dengan performa yang sangat kompetitif, rider asal Turki ini punya gaya balap yang agresif dan unik, kerap menyajikan atraksi-atraksi unik di lintasan, serta punya kepribadian yang supel dan humoris.

Kini, rider Pata Yamaha WorldSBK ini pun jadi juara dunia, mematahkan dominasi rider Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, yang sudah berlangsung sejak 2015. Alhasil, kini pun ia menjadi bintang yang dielu-elukan di dunia balap motor.

Ingin tahu fakta-fakta unik seputar Toprak Razgatlioglu? Berikut ulasannya.

1 dari 3

Pernah Lawan Rider-Rider MotoGP

Pernah Lawan Rider-Rider MotoGP
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu © Yamaha Racing

1) Razgatlioglu lahir di keluarga pecinta motor. Mendiang sang ayah, yakni Arif Razgatlioglu, merupakan pengendara stunt motor dan dikenal dengan sebutan 'Tek Teker Arif' atau 'Wheelie' Arif.

2) Sebelum turun di ajang-ajang balap motor dengan mesin berkapasitas besar, Razgatlioglu sempat turun di ajang Red Bull Rookies Cup, yakni pada 2013 dan 2014. Ia pernah bertarung dengan para rider MotoGP saat ini, seperti Joan Mir, Jorge Martin, Enea Bastianini, Darryn Bonder, dan Fabio di Giannantonio.

3) Razgatlioglu merupakan anak didik Kenan Sofuoglu, legenda balap motor Turki yang juga merupakan lima kali juara WorldSSP. Razgatlioglu bernaung dibawah besutan Sofuoglu bersama Deniz dan Can Oncu, yang masing-masing turun di Moto3 dan WorldSSP, serta Bahattin Sofuoglu, yang turun di WorldSSP 300.

2 dari 3

Justru Bersahabat dengan Jonathan Rea

Justru Bersahabat dengan Jonathan Rea
Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea © Kawasaki Racing Team

4) Razgatlioglu tadinya merupakan pembalap junior Kawasaki, dan hal ini membuatnya bersahabat dengan rival terdekatnya sendiri, Jonathan Rea, yang merebut enam gelar dunia WorldSBK bersama Kawasaki pada 2015-2020. Seperti Sofuoglu, Rea juga berperan sebagai mentor Razgatlioglu.

5) Razgatlioglu dikenal dengan pengeremannya yang agresif dan aksi-aksi stoppie-nya yang menakjubkan di lintasan hingga dijuluki 'Stoprak'. Aksi stoppie-nya ini kerap membuatnya dibanding-bandingkan dengan stoppie rider Ducati Lenovo Team, Jack Miller. Uniknya, keduanya kerap bertukar pesan untuk saling dukung.

6) Razgatlioglu juga dikenal bersahabat dengan juara dunia MotoGP dari Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Sama-sama memperebutkan gelar dunia di kejuaraan masing-masing, El Turco dan El Diablo tak pernah ragu-ragu saling mengungkapkan dukungan di hadapan publik.

3 dari 3

Bisa ke MotoGP pada 2023

Bisa ke MotoGP pada 2023
Toprak Razgatlioglu dan sang crew chief, Phil Marron. © Yamaha Racing

7) Karakternya yang supel juga membuat Razgatlioglu punya hubungan baik dengan banyak rivalnya di WorldSBK. Salah satunya adalah rider Belanda berdarah Ambon, Michael van der Mark. Pernah bertandem pada 2020, Razgatlioglu bahkan dapat panggilan spesial 'Abi' dari van der Mark.

8) Razgatlioglu menjadi rider Turki pertama yang mampu merebut gelar WorldSBK, sekaligus juara dunia di kancah balap motor produksi massal sejak Kenan Sofuoglu pada 2006. Tak hanya itu, Razgatlioglu juga merupakan juara dunia Yamaha pertama sejak Ben Spies pada 2009.

9) Razgatlioglu sangat santer digosipkan akan pindah ke MotoGP 2023 bersama Yamaha. Tadinya, ia dijadwalkan ikut uji coba pascamusim MotoGP di Jerez, Spanyol, 18-19 November 2021 demi menjajal motor YZR-M1. Namun, mengingat WorldSBK Indonesia di Mandalika diundur dari 12-14 ke 19-21 November, maka gelaran itu harus ditunda dan belum diketahui kapan akan dilaksanakan.