FOLLOW US:


Formula 1 GP China 2020 Resmi Ditunda Akibat Virus Corona

13-02-2020 08:45

 | Anindhya Danartikanya

Formula 1 GP China 2020 Resmi Ditunda Akibat Virus Corona
Formula 1 GP Inggris 2019 © AP Photo

Bola.net - Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) secara resmi mengumumkan ditundanya gelaran Formula 1 GP China di Shanghai Park pada 17-19 April mendatang akibat merebaknya wabah virus corona. Pengumuman ini pun dirilis pada Rabu (12/2/2020).

Keputusan ini pun diambil setelah Strategy Group menggelar rapat pekan lalu, di mana para penyelenggara kejuaraan dan tim-tim peserta F1 bertemu untuk mendiskusikan dampak wabah virus corona yang dianggap sebagai situasi darurat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan ditundanya F1 GP China yang sejatinya menjadi seri keempat musim ini, maka akan ada jeda empat pekan antara F1 GP Vietnam di Hanoi (3-5 April) dan F1 GP Belanda di Zandvoort (1-3 Mei). FIA dan F1 belum bisa menentukan kapan akan menyusun jadwal baru untuk F1 GP China.

Berikut pernyataan resmi FIA dan F1 lewat situs resmi F1.

1 dari 2

Pernyataan resmi FIA dan Formula 1

"Grand Prix China 2020, yang telah dijadwalkan digelar pada 17-19 April, telah ditunda akibat adanya wabah virus corona.

"Promotor Grand Prix China, Juss Sports Group, secara resmi meminta penundaan setelah berdiskusi dengan Federasi Balap Mobil dan Motor Republik Rakyat China (CAMF) dan Administrasi Olahraga Shanghai.

"Menyusul kekhawatiran soal kesehatan yang berkelanjutan, dan dengan deklarasi WHO bahwa virus corona sebagai situasi darurat global, maka Formula 1, bersama FIA, sepakat memutuskan menerima permintaan penundaan ini untuk memastikan kesehatan dan keamanan staf, partisipan kejuaraan, dan penggemar.

"Formula 1 dan FIA akan terus bekerja dekat dengan tim, promotor balap, CAMF, dan pihak-pihak berwenang lokal untuk memonitor situasi dan perkembangan, dengan semua pihak mempelajari kemungkinan dan potensi alternatif jadwal pengganti untuk Grand Prix ini tahun ini ketika situasinya membatik.

"Grand Prix China selalu sangat penting bagi kalender F1 dan penggemarnya selalu menakjubkan. Kami ingin sesegera mungkin kembali balapan di China dan mengharapkan yang terbaik untuk semua warga negaranya dalam masa-masa sulit ini."

2 dari 2

Uji Coba Pramusim dan Seri Pembuka

Para pebalap Formula 1 akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, pada 19-21 dan 26-28 Februari.

Setelahnya, mereka akan menjalani seri pembuka di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, pada 13-15 Maret mendatang.