Giacomo Agostini: Jangan Ganggu Debut Alex Marquez!

Anindhya Danartikanya | 26 Desember 2019 15:40
Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC

Bola.net - Giacomo Agostini mengimbau para kritik untuk tak mengganggu Alex Marquez lewat penghakiman-penghakiman mereka mengenai debutnya di MotoGP tahun depan. Hal ini disampaikan sang 15 kali juara dunia dalam wawancaranya dengan Marca pada Kamis (26/12/2019).

Alex, juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019, mendadak naik ke MotoGP dengan Repsol Honda usai Jorge Lorenzo secara mengejutkan memutuskan pensiun. Agostini pun mengaku cemas Alex bakal dibanding-bandingkan dengan sang kakak dan sang tandem, Marc Marquez.

"Sulit menilai apakah Alex pengganti yang ideal untuk Jorge. Ia dapat tawaran dari Repsol Honda dan ini tak boleh ia tolak. Tapi kini ada risiko baginya dibanding-bandingkan dengan Marc. Masalahnya, orang tak mau menunggu, padahal semuanya butuh waktu," ujar 'Ago'.

1 dari 2 halaman

Tawaran yang Tak Datang Tiap Hari

Mengingat motor RC213V dikenal sulit dikendalikan kecuali di tangan Marc, Agostini juga cemas Alex bakal sulit beradaptasi. Meski begitu, pria asal Italia ini mengimbau banyak pihak untuk tak menghakimi Alex dan membiarkannya berkonsentrasi pada pekerjaan.

"Bagi Alex bakal sulit, karena ia tak kenal Honda, dan 2020 akan jadi debutnya di MotoGP. Sangat penting untuk tak mengganggu Alex dan membandingkannya dengan sang kakak. Ini jelas peluang besar bagi Alex. Tawaran membela tim pabrikan Honda tak datang tiap hari," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Marc Bakal Ajari Alex

Di lain sisi, Agostini meyakini bahwa Marc takkan menjaga jarak dengan Alex meski tahun depan mereka akan jadi rekan setim sekaligus rival utama bagi satu sama lain. Agostini berpendapat Marc sedikit banyak akan memberi nasihat dan saran untuk adiknya.

"Mereka adalah saudara dan saling menyayangi. Saya yakin Marc akan membantu Alex, mengajarinya semua trik dalam berkendara. Marc akan jadi gurunya, dan sudah semestinya ia menyampaikan sedikit ilmu pada adiknya," pungkas Agostini.

Marc dan Alex akan kembali turun lintasan bersama dalam uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, 7-9 Februari 2020. Meski begitu, seperti debutan lainnya, Alex bakal diizinkan ikut dalam uji coba shakedown di trek yang sama pada 2-4 Februari.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR