Honda: Marc Marquez Belum Bugar, Menang di Misano Terasa Bermakna

Anindhya Danartikanya | 29 Oktober 2021 09:05
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan bahwa kemenangan MotoGP Emilia Romagna di Misano akhir pekan lalu terasa sangat bermakna bagi Marc Marquez. Pasalnya, ini adalah kemenangan perdananya di trek kanan alias searah jarum jam sejak Motegi, Jepang, pada 2019. Padahal, lengannya belum pulih benar.

Hal ini dinyatakan Puig lewat rilis resmi Honda Racing pada Rabu (27/10/2021). Kemenangan ini merupakan kemenangan ketiga Marquez musim ini, yakni usai Seri Jerman dan Seri Austin. Ini juga podium keempat sang delapan kali juara dunia, mengingat ia finis kedua di Seri Aragon usai tujuh kali saling salip dengan Pecco Bagnaia.

Dalam balapan ini, Marquez juga kembali bertarung dengan Bagnaia, namun tanpa aksi saling salip. Pada enam lap terakhir, Marquez bahkan sudah tak lagi memburu kemenangan karena rider Ducati itu mampu memperlebar jarak. Nyatanya, Bagnaia terjatuh pada Lap 23. Marquez pun akhirnya keluar sebagai pemenang.

1 dari 2 halaman

Bahagia Bisa Finis 1-2

Marc Marquez dan Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Tak hanya itu, balapan tersebut terasa makin istimewa bagi Repsol Honda karena Pol Espargaro juga sukses finis kedua. Ini adalah podium perdana Polyccio di atas motor RC213V. Menurut Puig, hasil ini luar biasa, mengingat Honda juga tengah mengalami banyak kendala teknis selama dua tahun terakhir.

"Kami ingin membandingkan balapan itu dengan yang pertama di Misano, demi melihat progres. Jadi, pulang dengan hasil ini sangat menyenangkan. Finis 1-2 tak penah mudah, bahkan ketika Anda berada dalam kondisi terbaik dan ini bukanlah momen terbaik kami. Namun, kami tetap bisa meraih hasil fantastis ini," ujarnya.

"Hasil ini diraih berkat berbagai faktor: usaha keras para rider, kelanjutan kerja keras Honda, dukungan besar dari Repsol dan semua sponsor, serta kerja keras anggota tim kami. Kami jelas menunjukkan bahwa kami tak pernah menyerah. Hasil ini sangat menyenangkan, imbalan besar bagi semua orang yang terlibat," lanjut Puig.

2 dari 2 halaman

Periode yang Sulit bagi Marc Marquez

Kemenangan Marquez di Misano juga membahagiakan Honda, karena ini bukti bahwa progres pemulihannya sangat positif. Puig pun berharap bahwa ini titik terang bahwa pembalap Spanyol berusia 28 tahun itu akan kembali ke performanya yang dominan seperti dulu.

"Ini periode yang lebih sulit bagi Marc ketimbang siapa pun. Ia masih dalam penyembuhan, punya banyak kendala, belum sepenuhnya kembali seperti dulu. Ia tahu soal ini, begitu pula kami. Atas alasan inilah kemenangan di Misano jauh lebih berharga baginya. Apa yang dilakukannya, tak ada yang paham kecuali dirinya sendiri," tutup Puig.

Saat ini, Marquez berada di peringkat keenam pada klasemen pembalap dengan koleksi 142 poin, hanya tertinggal 10 poin dari Johann Zarco di peringkat keempat. Ia akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Algarve di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 5-7 November.

Sumber: Honda Racing

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR