FOLLOW US:


Jajal Honda, Pol Espargaro Puji Perubahan Tikungan La Caixa di Catalunya

28-02-2021 13:25
Jajal Honda, Pol Espargaro Puji Perubahan Tikungan La Caixa di Catalunya
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro © Twitter/MotoGP

Bola.net - Sembari menanti debutnya sebagai pembalap Repsol Honda dan mengendarai motor RC213V di uji coba pramusim MotoGP Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret nanti, Pol Espargaro pun telah menjalani latihan di atas motor CBR1000RR, sekaligus RC213V-S, di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, pada Rabu (24/2/2021) lalu.

Espargaro berbagi lintasan dengan seperti Joan Mir, Alex Rins, Jack Miller, Fabio Quartararo, Alex Marquez, Takaaki Nakagami, Aleix Espargaro, dan Johann Zarco. Tak hanya sekadar latihan, mereka juga diminta untuk menjajal Tikungan 10 alias Tikungan La Caixa yang selama setahun belakangan mengalami modifikasi.

La Caixa tadinya hanya dipakai layout trek Formula 1, namun dipakai oleh MotoGP sejak 2016 usai Luis Salom meninggal dunia akibat kecelakaan hebat di Tikungan 12 dalam sesi latihan bebas Moto2. Kecelakaan tersebut diduga dipicu oleh kecepatan yang kelewat tinggi usai melaju di rangkaian Tikungan 10-11 yang begitu panjang.

1 dari 4

Tak Sabar Uji Coba di Qatar

Sayang, sejak itu La Caixa jadi tikungan yang dibenci karena kelewat tajam ke kiri, hingga mengakibatkan banyak kecelakaan. Yang paling diingat adalah insiden Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone pada 2016, dan tabrakan 'massal' antara Lorenzo, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi pada 2019.

Meski Spanyol menjadi salah satu negara Eropa yang paling parah terdampak Covid-19, pengelola Sirkuit Barcelona-Catalunya bekerja keras memodifikasi La Caixa agar lebih aman bagi pembalap. Tikungan itu kini tak lagi berbentuk tajam, melainkan cukup landai hingga para pembalap tak perlu mengerem secara agresif.

"Sungguh menyenangkan. Cuacanya sempurna, jadi kami bisa bersenang-senang di atas motor. Namun, tentu sensasinya berbeda dari MotoGP. Atas alasan ini, saya sangat tak sabar ke Qatar, demi melihat perbedaan motor-motor yang saya jajal dengan motor yang akan saya kendarai di sana," ujar Espargaro via Crash.net, Sabtu (27/2/2021).

2 dari 4

Bakal Unggulkan Rider Tertentu

"Modifikasi tikungannya sangat baik. Kami sudah balapan di sini selama bertahun-tahun, dan tikungan itu tadinya sangat berbeda dari tikungan sirkuit-sirkuit lain. Tikungan itu kini jadi lebih baik, dan memperbaiki kekurangan model sebelumnya. Saya rasa, tikungan itu kini lebih cocok dengan motor ketimbang mobil," tutur Polyccio.

Di lain sisi, Espargaro memprediksi bahwa tikungan itu akan menguntungkan para pembalap yang punya gaya balap dengan corner speed lebih baik, begitu juga bagi motor-motor pabrikan yang lincah di tikungan, seperti Yamaha atau Suzuki.

"Saya rasa modifikasi ini bagus untuk para rider yang punya corner speed tinggi, atau para rider yang naik motor dengan corner speed lebih baik. Tikungan ini sangat cepat, dan biasanya saya mengerem lebih lambat untuk berhenti di tengah tikungan. Bagaimanapun, itu akan kami pikirkan pada Juni nanti," tutupnya.

3 dari 4

Video: Pol Espargaro di Sirkuit Barcelona-Catalunya

Sumber: Crashnet, Honda Racing Corporation

4 dari 4

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia