FOLLOW US:


Jalani Debut MotoGP, KTM Jadikan Suzuki Panutan

22-02-2017 12:30
Jalani Debut MotoGP, KTM Jadikan Suzuki Panutan
Motor KTM RC16 milik Pol Espargaro. © KTM

Bola.net - CEO KTM, Stefan Pierer menyatakan bahwa pihaknya menjadikan Suzuki Ecstar sebagai panutan dalam menjalani debut MotoGP tahun ini bersama Red Bull KTM Factory Racing, yang menaungi dua pembalap muda, Pol Espargaro dan Bradley Smith. Hal ini disampaikan Pierer kepada Motorsport di sela peluncuran tim di Austria, Senin (20/2).

Suzuki memang vakum dari MotoGP pada akhir 2011, dan kembali pada 2015 dengan paket motor dan rider yang cukup kompetitif. Sedikit kesulitan pada tahun pertama, Suzuki berhasil meraih empat podium termasuk satu kemenangan pada musim kedua. Hal ini pun dijadikan Pierer sebagai patokan pihaknya untuk memperbaiki diri.

Suzuki GSX-RR milik Andrea Iannone. (c) Suzuki
"Saya selalu berkata pada para kolega saya, bahwa sebagai referensi, Suzuki telah bekerja dengan sangat baik. Suzuki jelas patokan kami. Beberapa uji coba pertama memang sulit, karena kami menjajal berbagai setup dan kami belum punya pondasi yang baik seperti yang lain," ungkap Pierer.

Meski belum bisa menembus posisi 10 besar, uji coba pramusim di Australia pekan lalu membuat seisi KTM cukup optimis, mengingat Espargaro dan Smith mengakhiri uji coba hanya dengan ketertinggalan 1,308 dan 1,429 detik dari rider tercepat yang membela Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales.

"Segalanya berjalan sangat baik, dan uji coba di Phillip Island sangat memotivasi kami dan membuktikan bahwa kami menuju ke arah yang tepat. Di Dakar, kami butuh waktu tujuh tahun sebelum juara, namun pada tiga tahun pertama di MotoGP kami ingin dekat dengan podium dan bahkan meraihnya," pungkas Pierer.