FOLLOW US:


Jelang Debut MotoGP, Brad Binder Tekad Perbaiki Gaya Balap

15-01-2020 10:15

 | Anindhya Danartikanya

Jelang Debut MotoGP, Brad Binder Tekad Perbaiki Gaya Balap
Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder © KTM/Sebas Romero

Bola.net - Pebalap anyar Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, mengaku dirinya belum mematok target muluk menjelang musim debutnya di MotoGP 2020. Dalam wawancaranya dengan Motor Sport Magazine, Binder mengaku masih punya banyak hal untuk dipelajari.

Binder, yang merupakan juara dunia Moto3 2016 dan runner up Moto2 2019, sejatinya dipastikan naik ke MotoGP bersama Red Bull KTM Tech 3. Namun akibat Johann Zarco yang hengkang semusim lebih awal dari tim pabrikan KTM, Binder diminta menggantikannya.

Rider asal Afrika Selatan ini pun telah menjajal motor RC16 dalam uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez pada November, namun uniknya itu bukan pertama kali Binder mengendarai motor tersebut. Ia memang sempat menjalani uji coba dengan KTM di Ceko pada Agustus lalu.

1 dari 2

Makin Nyaman Kendarai RC16

"Saya pertama kali mengendarai motor itu di Brno. Saya menjalani 30 lap, rasanya seru. Tapi saya tak terlalu cepat, karena itu uji coba shakedown. Saya punya kesepakatan dengan Pit Beirer (Direktur Motorsport KTM), jika saya menang balapan di Moto2, ia harus memberi saya kesempatan mengendarai motor itu," kisah Binder.

Dalam uji coba Valencia dan Jerez, pebalap berusia 24 tahun ini mengaku makin menyatu dengan RC16. Meski begitu, duduk di posisi 23 dan 22 dalam kedua uji coba tersebut adalah bukti bahwa Binder masih punya banyak tugas menumpuk untuk dikerjakan di MotoGP.

"Di Valencia dan Jerez, saya makin nyaman, menjalani lebih banyak lap. Saya merasakan sensasi baik, tapi perjalanan saya masih sangat panjang. Saya punya banyak hal yang harus dipikirkan pada masa pramusim, dan semoga kami dapat kemajuan di Sepang," ungkapnya.

2 dari 2

Harus Perbaiki Gaya Balap

Binder pun mengakui bahwa ia masih harus memperbaiki gaya balapnya, meski ia dikenal punya gaya agresif dan cukup mirip dengan rider utama KTM saat ini, Pol Espargaro.

"Saya merasa harus memperbaiki gaya balap saya: meningkatkan rasa nyaman dengan ban depan, dan meraih kepercayaan diri untuk meletakkan motor di mana saya mau, terutama saat masuk tikungan. Saya rasa, sekalinya saya bisa, maka semua bakal lebih lancar," tutupnya.

Sebagai debutan, Binder diperbolehkan turun dalam uji coba pramusim shakedown MotoGP Sepang, Malaysia, pada 2-4 Februari mendatang, sebelum bergabung dengan para rider yang lebih senior di trek yang sama pada 7-9 Februari.