FOLLOW US:


Jelang MotoGP Mandalika, Kapal Pesiar Siap Atasi Kekurangan Kamar Hotel

13-01-2022 14:15

 | Anindhya Danartikanya

Jelang MotoGP Mandalika, Kapal Pesiar Siap Atasi Kekurangan Kamar Hotel
Pecco Bagnaia dan Marc Marquez © AP Photo

Bola.net - Menjelang digelarnya MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 18-20 Maret 2022 mendatang, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah meminta Kementerian Perhubungan menyiapkan kapal pesiar lewat PT Pelni demi mengatasi kekurangan kamar hotel. Demikian yang dilaporkan Antara, Senin (10/1/2022).

Seperti yang diketahui, MotoGP akhirnya akan kembali ke Tanah Air untuk pertama kalinya sejak 1997. Para pembalap motor terbaik di dunia, baik dari kelas MotoGP, Moto2, maupun Moto3 dipastikan akan berlaga. Mengingat fanbase MotoGP di Indonesia sangat masif, maka jumlah penggemar yang akan datang diperkirakan membludak.

Sekretaris Daerah NTB HL Gita Ariadi menyatakan, bahwa permohonan kapal pesiar kepada Kemenhub dilakukan sebagai alternatif mengatasi kekurangan kamar hotel yang kemungkinan bisa terjadi di Mandalika saat berlangsungnya pekan balap MotoGP.

1 dari 2

Kapal Pesiar Berkapasitas 2.000 Kamar

WorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP Photo
WorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP Photo

Gita mengakui ketersediaan kamar hotel di NTB baru mencapai 16.000. Padahal, jumlah penonton MotoGP Mandalika diprediksi mencapai 64.000 orang, sehingga kebutuhan kamar dipastikan juga banyak. Alhasil, Pemerintah Provinsi NTB harus putar otak demi mengatasi kendala ini.

"Suratnya sudah kita layangkan ke Pak Menhub. Kita minta itu bisa menampung 2.000 kamar. Mengatasi kekurangan kamar hotel ini juga sudah dilakukan dengan membangun rumah-rumah warga menjadi homestay," ujar Gita.

Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri juga mengungkapkan pernyataan senada, dan menyebut kapal pesiar yang diminta dari Kemenhub akan 'diparkir' dekat dengan Sirkuit Mandalika. "Kapal pesiar itu nantinya direncanakan akan bersandar di Pelabuhan Awang," ungkapnya.

2 dari 2

Rumah Warga Bisa Jadi Homestay

Rumah Warga Bisa Jadi Homestay
Desain Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia © MotoGP

Lalu Pathul Bahri juga menyatakan bahwa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah meminta kualitas homestay yang ada di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Desa Wisata ditingkatkan agar memiliki standar hotel bintang dua.

"Banyak yang harus dipersiapkan untuk mendukung MotoGP, seperti keberadaan homestay di lima desa penyangga lingkar Sirkuit Mandalika," katanya, sembari menambahkan bahwa pemerintah pusat juga akan menyiapkan kapal cepat alias speed boat.

Kapal cepat ini akan disediakan sebagai alat transportasi penyeberangan Bali-Lombok, guna mempermudah akses penonton yang menginap di luar Lombok. "Kapal cepat juga akan disiapkan untuk mendukung MotoGP," pungkasnya.

Sumber: Antara