Joan Mir Ingin Pertahankan Gelar Sambil Duel dengan Marc Marquez

Anindhya Danartikanya | 29 Desember 2020 10:13
Joan Mir Ingin Pertahankan Gelar Sambil Duel dengan Marc Marquez
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar sekaligus juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, menyatakan dirinya sangat ingin berjuang mempertahankan gelar dunia pada 2021 dengan keberadaan Marc Marquez di lintasan. Hal ini ia sampaikan kepada Sport.es pada Sabtu (26/12/2020).

Seperti diketahui, Marquez mengalami patah tulang lengan atas kanan usai kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol pada Juli lalu, dan harus absen sepanjang musim. Pada awal Desember, ia menjalani operasi ketiga dan masa pemulihannya diprediksi masih sangat panjang.

Mir sendiri mengaku bakal lebih suka bisa berjuang memperebutkan gelar tahun ini andai Marquez sehat dan tetap berkompetisi. Alhasil, tahun depan ia ingin Marquez kembali pulih dan bugar, serta bisa kembali ke lintasan dengan performa apik seperti sedia kala.

1 dari 3 halaman

Tak Suka Lihat Rival Menderita

Tak Suka Lihat Rival Menderita

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

"Tentu saya akan makin termotivasi jadi juara jika Marc ada di trek. Saya lebih pilih mengalahkan Marc tahun ini. Namun, mungkin ia tak tahu bagaimana mengendalikan balapan pertama dengan cara terbaik. Ia pun cedera dan akhirnya absen sepanjang musim," ujar Mir.

"Saya tak suka melihat siapa pun mengalami masa-masa buruk, bahkan rival-rival saya. Saya ingin Marc cepat pulih, dan kita lihat nanti apakah pada 2021 kami bisa menjalani pertarungan yang menyenangkan," ungkap rider Spanyol ini, yang juga juara dunia Moto3 2017.

Di lain sisi, Mir mengaku gugup menjelang MotoGP 2021, karena musim depan akan jadi kali pertama baginya mendapatkan tugas mempertahankan gelar dunia. Meski begitu, tantangan ini tak membuatnya takut, dan justru sangat merasa termotivasi.

2 dari 3 halaman

Hanya Bidik Peringkat 3 Besar

"Saya belum pernah berada dalam situasi di mana saya harus mempertahankan gelar. Tapi saya tidak takut menghadapi tekanannya. Saya rasa ini justru baik bagi saya memulai musim dengan sebagai favorit," tutur pembalap berusia 23 tahun ini.

Lalu, harapan apa yang dimiliki Mir menjelang musim 2021? Uniknya, meski tahu benar dirinya harus mempertahankan gelar, Mir ogah sesumbar dan memilih bersikap merendah, yakni sekadar membidik peringkat tiga besar.

"Tahun lalu, saya berdoa masuk peringkat lima besar, dan justru jadi juara dunia. Tahun ini, saya hanya minta masuk posisi tiga besar. Saya juga mengharapkan kesehatan untuk semua orang," pungkasnya.

Sumber: Sportes

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR