FOLLOW US:


Johann Zarco Akui Berat Putuskan Hengkang dari KTM

13-08-2019 11:39

 | Anindhya Danartikanya

Johann Zarco Akui Berat Putuskan Hengkang dari KTM
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco © KTM/Philip Platzer

Bola.net - Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco akhirnya buka suara soal keputusannya untuk hengkang dari pabrikan asal Austria tersebut di MotoGP akhir musim ini. Hal ini ia sampaikan dalam unggahannya di Instagram pada Senin (12/8/2019), usai perpisahannya dengan KTM resmi diumumkan.

Zarco yang merupakan juara dunia Moto2 2015 dan 2016, berhasil tampil kompetitif dalam dua musim perdananya di MotoGP, yakni bersama Monster Yamaha Tech 3. Performanya yang garang pun menarik perhatian KTM, yang akhirnya menggaet rider Prancis itu untuk musim 2019 dan 2020.

Sayangnya, Zarco kesulitan beradaptasi dengan RC16. Setiap pekan balap ia jalani dengan rasa frustrasi karena tak bisa kompetitif. Hasil terbaiknya hanyalah finis ke-10 di Catalunya, Spanyol, meski sempat menduduki posisi ketiga di Brno, Ceko, saat sesi kualifikasi digelar dalam kondisi hujan.

1 dari 2

Ingin Tetap Profesional

Ingin Tetap Profesional
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco © Instagram/Johann Zarco

Usai balapan di Red Bull Ring, Austria, Minggu (11/8/2019), CEO KTM Stefan Pierer secara blak-blakan menyatakan bahwa ia telah menjalani rapat dengan Zarco, yang menanyakan kemungkinan mereka mengakhiri kontrak lebih awal. Pierer pun memberi izin, mengingat kerja sama ini tak berbuah bagi kedua belah pihak.

"Resmi sudah, saya takkan balapan dengan @ktmfactoryracing untuk MotoGP 2020. Ini keputusan yang sulit untuk diambil. Saya puny kesempatan untuk melakukan pekerjaan terbaik di dunia, dan saya ingin menjalaninya dengan senyuman, balapan demi meraih podium! Sebagai orang yang profesional, saya ingin tetap fokus menjalani sisa 2019 dengan mengerahkan yang terbaik dan coba meningkatkan kemampuan saya!" tulis Zarco via Instagram.

2 dari 2

Dapat Dukungan dari Rival

Dapat Dukungan dari Rival
Dukungan para rival untuk Johann Zarco. © Instagram/Johann Zarco

Zarco, yang dikenal punya hubungan baik dengan pebalap MotoGP lainnya, juga mendapatkan dukungan semangat dari para rivalnya. Contohnya dari Hafizh Syahrin, eks tandemnya di Monster Yamaha Tech 3, yang kini membela Red Bull KTM Tech 3.

Kembalilah dengan kuat, Jojo!" tulis Syahrin di kolom komentar, yang dijawab dengan ucapan 'terima kasih' oleh Zarco. Kompatriotnya dari Prancis, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) juga memberikan semangat, "Tetaplah kuat, Jojo!" Begitu pula rider Tech 3 lainnya, Miguel Oliveira, "Kau akan kembali dengan kuat, Kawan."

Tak ketinggalan Pol Espargaro, tandem Zarco di KTM saat ini. Rider Spanyol ini pun mengaku banyak belajar darinya. "Tetaplah semangat, Kawan! Sungguh sebuah kehormatan bisa belajar darimu! Masih ada delapan balapan tersisa bersama! Mari kita jalani, Kawan!" tulis Polyccio.

Zarco, yang kini duduk di peringkat 17 pada klasemen pebalap dengan koleksi 22 poin, akan kembali turun lintasan di MotoGP Inggris, yang digelar di Sirkuit Silverstone pada 23-25 Agustus mendatang.

Sumber: Instagram