FOLLOW US:


KTM Resmi Copot Mike Leitner dari Jabatan Manajer Tim Pabrikan di MotoGP

25-11-2021 14:59

 | Anindhya Danartikanya

KTM Resmi Copot Mike Leitner dari Jabatan Manajer Tim Pabrikan di MotoGP
Mike Leitner © KTM Images

Bola.net - KTM Factory Racing akhirnya resmi mengumumkan pencopotan Mike Leitner dari jabatan Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing di MotoGP pada Kamis (25/11/2021), hanya empat hari setelah uji coba pascamusim 2021 selesai digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Gosip dicopotnya Leitner dari jabatan tersebut beredar di paddock MotoGP pada Rabu (24/11/2021), diduga akibat jebloknya performa KTM musim ini, meski sempat meraih empat podium, termasuk dua kemenangan yang masing-masing diraih oleh Miguel Oliveira di Catalunya dan Brad Binder di Austria.

Leitner, yang juga eks crew chief Dani Pedrosa selama di Repsol Honda, bergabung dengan KTM sejak awal 2015, menjabat sebagai Vice President KTM On-road, sebelum pabrikan yang identik dengan warna oranye ini akhirnya turun secara penuh di MotoGP pada 2017, di mana Leitner juga ditunjuk sebagai manajer tim pabrikannya.

1 dari 2

Dipindahkan ke Divisi Lain

Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner (c) KTM Images/Philip Platzer
Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner (c) KTM Images/Philip Platzer

Di bawah kepemimpinan Leitner, KTM sejauh ini sukses meraih 13 podium, 5 kemenangan, dan 3 pole. Sayangnya, penurunan performa yang signifikan dari 2020 ke 2021 membuat KTM mempertanyakan kepemimpinannya untuk 2022.

Meski begitu KTM menegaskan bahwa Leitner akan tetap bekerja dalam lingkup pabrikan asal Austria tersebut, yang bermarkas di Mattighofen. Leitner yang berusia 59 tahun, akan dipindahkan ke divisi konsultasi perusahaan.

Berikut pernyataan resmi Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer seperti yang dikutip dari situs balap pabrikan.

2 dari 2

Pernyataan Resmi Pit Beirer

Pernyataan Resmi Pit Beirer
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder © AP Photo

"Mike telah menjadi sosok penting dalam misi kami bertarung melawan para rival terbaik di dunia road racing. Bersama-sama, kami menciptakan struktur MotoGP dengan staf dan para rider yang tepat, serta meraih hasil luar biasa di puncak olahraga ini. Kami mulai merakit RC16 dan seluruh rencana kami dari secarik kertas kosong, dan di bawah tuntunannya, kami membentuk tim yang hebat, tim yang mengambil tantangan di MotoGP.

"Kini, usai tujuh tahun bersama, kami memutuskan mengatur ulang kepemimpinan MotoGP kami untuk masa depan, dan saya tak bisa mengekspresikan betapa inginnya kami berterima kasih padanya atas semua kinerja yang ia kerahkan dalam proyek ini. Mike bekerja sangat keras mendorong kami dari grid terbuncit ke baris terdepan, dan dedikasinya memiliki andil besar dalam kisah sukses kami."

Sumber: KTM Factory Racing