KTM Tech 3 Tegas Andrea Dovizioso Takkan Gantikan Iker Lecuona

Anindhya Danartikanya | 4 September 2020 10:39
Andrea Dovizioso dan Iker Lecuona (c) Ducati dan KTM/Polarity Photo

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal, secara tegas menyatakan Andrea Dovizioso takkan mengambil alih tempat Iker Lecuona, yang masih berstatus debutan, di MotoGP 2021. Hal ini disampaikan Poncharal via wawancara dengan The Race, Kamis (3/9/2020), usai Lecuona dikabarkan bakal terdepak.

Lecuona menjalani debut MotoGP dalam usia 19 tahun di Valencia, Spanyol, tahun lalu, saat menggantikan Miguel Oliveira yang cedera. Kala itu ia mengalami selip dan terjatuh hingga gagal finis. Tahun ini, ia menjalani debut MotoGP secara penuh, dan memulai musim balap dengan berusia 20 tahun.

"Sepanjang tahun, kami bilang pada Iker bahwa tugasnya tahun ini adalah belajar. KTM punya Brad (Binder), Pol (Espargaro), dan Miguel, dan tugas Iker bukan bersaing dengan mereka. Ia bahkan masih berusia 19 tahun saat menjalani uji coba!" ungkap Poncharal.

Sayang, Lecuona mengawali musim ini dengan hasil yang cukup buruk. Rider Spanyol ini mengalami gagal finis di Jerez dalam MotoGP Spanyol usai kembali ke pit akibat tak kuat kena serangan panas saat balapan menyisakan lima lap. Padahal, ia sangat dekat dengan posisi 10 besar.

1 dari 3 halaman

KTM Sadari Kecepatan Iker Lecuona

Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) Facebook/Red Bull KTM Tech 3

Dalam MotoGP Andalusia, Lecuona terjatuh pada Lap 6, dan hal yang sama terjadi di Brno, Ceko, saat ia terjatuh bersama Joan Mir pada Lap 4. Poncharal tak memungkiri kekecewaannya, namun memilih tetap telaten dalam membimbing Lecuona yang ia yakini sangat bertalenta.

"Saya bukannya marah, melainkan tidak senang. Tapi Mike Leitner (Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing) bilang KTM bisa lihat betapa cepatnya Iker. Jadi, lebih mudah menenangkan rider yang cepat ketimbang bikin rider lamban jadi cepat," lanjut pria asal Prancis tersebut.

Namun, hasil buruk Lecuona di tiga seri pertama langsung membuatnya diterpa gosip tak enak. Dalam pekan balap MotoGP Austria, usai Dovizioso mengumumkan ogah membela Ducati Team lagi tahun depan, posisi Lecuona dikabarkan terancam dan bakal direbut oleh rider Italia tersebut.

2 dari 3 halaman

Tak Mau Sia-Siakan Talenta Iker Lecuona

Gosip ini pun membuat Poncharal dan Tech 3 berusaha untuk tak memberikan tekanan ekstra kepada Lecuona. Nyatanya, eks juara nasional supermoto Spanyol itu malah menggebrak dengan tampil sangat kompetitif, dan bahkan finis di posisi 9 dan 10 di MotoGP Austria dan Styria.

"Media bilang KTM akan menendangnya demi Dovi. Tapi Iker adalah pilihan saya, dan jelas saya ingin pilihan saya jadi sukses. Iker masih 20 tahun, rider termuda di grid, dan tentu ia akan melakukan kesalahan. Tapi menurut saya, ia akan jadi rider top MotoGP, dan saya hanya harus membuatnya tenang," ungkap Poncharal.

"Saya takkan meninggalkannya pada 2021, karena ia punya kontrak yang layak, memutusnya bakal jadi tindakan ilegal. Lagipula, apa gunanya menggaet rider 20 tahun yang sangat bertalenta dan hanya butuh waktu dan pengalaman, lalu mendepaknya? Kami harus berani mempertahankannya dan memberinya waktu," tutupnya.

Sumber: The Race

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR