LCR Honda Benarkan Kabar Diskusi dengan Alex Rins untuk MotoGP 2023

Anindhya Danartikanya | 23 Juni 2022 13:23
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Bola.net - Pemilik sekaligus Manajer Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, membenarkan kabar bahwa pihaknya sedang berdiskusi dengan pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, untuk berkolaborasi di MotoGP 2023. Hal ini ia sampaikan kepada Speedweek, Kamis (23/6/2022).

Kabar soal kedekatan Rins dengan LCR mulai berembus di paddock di sela pekan balap MotoGP Sachsenring, Jerman, akhir pekan lalu. Gosip ini diperkuat oleh laporan Sky Sport bahwa Miguel Oliveira telah teken kontrak dua tahun dengan RNF Aprilia, yang berarti kans Rins bergabung menipis.

Jika Rins benar-benar pindah ke LCR Honda, maka rider Spanyol ini kemungkinan besar akan menggantikan posisi Alex Marquez, yang sudah membela tim ini sejak musim lalu namun sangat sulit tampil kompetitif.

1 dari 2 halaman

Belum Ada yang Ditandatangani

Manajer Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello (c) LCR Honda

"Kami telah dihubungi oleh manajer Alex Rins dan kami akan membiarkan opsi ini tetap terbuka. Namun, saya bisa pastikan kepada Anda bahwa tak ada yang sudah ditandatangani. Kabar bahwa kesepakatan sudah dicapai tidaklah benar," ungkap Cecchinello.

Soal siapa yang akan jadi tandem Rins, sebelumnya Cecchinello telah menegaskan bahwa slot tersebut hanya untuk rider asal Asia. Mengingat hasil balap Takaaki Nakagami tak memuaskan, maka rider Jepang itu dikabarkan bakal digantikan oleh rider Moto2, Ai Ogura atau Somkiat Chantra.

Ogura pun menjadi kandidat utama, mengingat Honda sudah tertarik padanya sejak akhir 2021. Namun, Cecchinello juga tak menutup kemungkinan Honda akan memberi perpanjangan kontrak berdurasi setahun kepada Nakagami demi mengevaluasi performa Ogura dan Chantra lebih jauh.

2 dari 2 halaman

Proyek Idemitsu Proyek Rider Asia

Somkiat Chantra dan Ai Ogura (c) Honda Team Asia

"Proyek Honda Idemitsu adalah proyek Asia. Jadi, kami akan menggaet Taka, Ogura, atau Chantra. Saya pun takkan kaget jika Honda memberi Taka satu musim lagi demi mengambil waktu mempertimbangkan kedua rider mereka di Moto2. Saya rasa perubahan cenderung baru akan terjadi pada 2024," ujar Cecchinello via PecinoGP pada Selasa (7/6/2022).

Seiring gosip Rins merapat ke LCR Honda, maka kini nasib Alex Marquez pun terkatung-katung. Ini juga merupakan bukti bahwa kedudukannya di Honda sama sekali tak bergantung pada sang kakak yang juga rider andalan Repsol Honda, Marc Marquez.

Sky Sport menyatakan ia bisa jadi opsi mumpuni untuk Gresini Racing, yang akan ditinggalkan Enea Bastianini. Sebagai catatan, sebelum naik ke MotoGP pada 2020 bersama Honda, Marquez sempat benegosiasi dengan Ducati, yang kala itu ingin meletakkan juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 tersebut di Pramac Racing.

Sumber: Speedweek

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR