FOLLOW US:


Match Point: Joan Mir Bisa Kunci Gelar MotoGP 2020 di Valencia Jika...

12-11-2020 08:53

 | Anindhya Danartikanya

Match Point: Joan Mir Bisa Kunci Gelar MotoGP 2020 di Valencia Jika...
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir © Suzuki

Bola.net - Menjelang MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada 13-15 November mendatang, rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, akan menghadapi match point dan berpeluang besar mengunci gelar dunia 2020.

Saat ini, Mir berada di puncak klasemen pembalap dengan koleksi 162 poin, unggul 37 poin dari Fabio Quartararo dan Alex Rins yang mengoleksi jumlah poin yang sama dan masing-masing tengah duduk di peringkat 2 dan 3.

Namun, ancaman Mir tak hanya datang dari Quartararo dan Rins, melainkan juga dari Maverick Vinales (121), Franco Morbidelli (117), dan Andrea Dovizioso (117), yang masing-masing duduk di peringkat 4, 5, dan 6, dan secara matematis juga masih punya kans juara.

Berikut 8 skenario yang bisa memungkinkan Mir untuk mengunci gelar dunia MotoGP 2020 di Valencia pada Minggu (15/11/2020) mendatang, seperti yang dirilis oleh MotoGP.com pada Rabu (11/11/2020).

1 dari 3

8 Skenario Joan Mir Kunci Gelar

Joan Mir akan sukses mengunci gelar dunia di Valencia jika...

  • finis di posisi 3 besar, tak peduli di mana para rivalnya finis.
  • finis di posisi 4, 5, atau 6, sementara Quartararo dan Rins tidak menang.
  • finis di posisi 7, sementara Quartararo, Rins, atau Vinales tidak menang.
  • finis di posisi 8, 9, atau 10, sementara Vinales tidak menang, serta Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik dari posisi 3.
  • finis di posisi 11, sementara Vinales, Morbidelli, atau Dovizioso tidak menang, serta Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik dari posisi 3.
  • finis di posisi 12, 13, atau 14, sementara Morbidelli atau Dovizioso tidak menang, serta Vinales tidak finis lebih baik dari posisi 3, plus Quartararo dan Rins tidak naik podium.
  • finis di posisi 15, sementara Morbidelli atau Dovizioso tidak menang, serta Vinales tidak finis lebih baik dari posisi 3, plus Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik dari posisi 5.
  • gagal meraih poin, sementara Morbidelli dan Dovizioso tidak finis lebih baik dari posisi 3, serta Vinales tidak naik podium, plus Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik dari posisi 5.
2 dari 3

Suzuki Juga Bisa Kunci Gelar Konstruktor

Sebagai tambahan, mengingat Suzuki sedang unggul 7 poin atas Ducati di klasemen konstruktor, maka mereka berpotensi mengunci gelar dunia di Sirkuit Ricardo Tormo untuk pertama kalinya sejak GP500 1982, jika:

Pembalap pertama Suzuki yang masuk garis finis meraih 18 poin atau lebih daripada pembalap pertama Ducati, 1 poin lebih banyak dari pembalap pertama Yamaha, dan unggul 3 poin dari pembalap pertama KTM.

Suzuki Ecstar juga tengah memimpin klasemen tim dengan keunggulan 82 poin atas Petronas Yamaha SRT yang ada di peringkat 2. Bagi Suzuki, mengunci gelar dunia tim di Valencia memang lebih rumit, namun untuk melakukannya, maka kedua rider Petronas Yamaha SRT harus gagal meraih poin.

Jika berhasil, maka ini akan menjadi gelar Triple Crown perdana bagi Suzuki, sekaligus merupakan gelar dunia pembalap mereka sejak Kenny Roberts jr pada GP500 2000 silam.

Sumber: MotoGP

3 dari 3

Video: Joan Mir Sukses Rebut Kemenangan di MotoGP Eropa