FOLLOW US:


Maverick Vinales: Kemenangan MotoGP Qatar Terwujud Berkat Cal Crutchlow

29-03-2021 10:40

 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales: Kemenangan MotoGP Qatar Terwujud Berkat Cal Crutchlow
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, memuji sang test rider, Cal Crutchlow, habis-habisan usai memenangi MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada Minggu (28/3/2021) waktu setempat. Kepada The Race, Vinales menyatakan dirinya sangat memperhitungkan semua saran yang diberikan Crutchlow selama uji coba pramusim.

Keputusan Yamaha menggaet Crutchlow sebagai test rider memang cukup bikin heboh, mengingat rider Inggris ini menggantikan peran Jorge Lorenzo, yang meraih tiga gelar dunia di atas YZR-M1. Namun, mengingat Crutchlow terlibat begitu dalam pengembangan Honda RC213V sejak 2015, jasanya jauh lebih dibutuhkan oleh Yamaha.

Vinales menyatakan, M1 terbaru kini memiliki corner speed sangat baik hingga lincah di tikungan. Atas alasan ini pula ia mampu bersaing dengan para rider Ducati, yang dikenal unggul di trek lurus berkat top speed dan tenaga mesin yang masih. Rider Spanyol ini pun mengaku sama sekali tak menyangka bisa berkendara sangat nyaman.

1 dari 3

Harus Tetap Menapak Bumi

Harus Tetap Menapak Bumi
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow © Yamaha MotoGP

"Saya merasa corner speed kami mengagumkan. Saya hanya bisa bilang 'wow'. Saya tak pernah merasakannya sepanjang akhir pekan, tak pernah dapat corner speed macam itu. Namun, dengan Yamaha, kami bekerja sangat keras pada bagian depan motor agar lebih baik. Selain itu, Cal bekerja sangat keras dengan motor kami," ujar 'Mack'.

"Cara Cal berkendara sangat mirip dengan cara saya, dan ini membantu saya paham banyak hal, apalagi ia datang dari pabrikan besar (Honda). Ia memberi kami banyak saran yang bagus. Namun, kami belum sempurna. Jadi, kami harus lebih baik lagi, bekerja keras, karena ini baru balapan pertama. Kami harus menapak di bumi," lanjutnya.

Crutchlow sejatinya pernah membela Yamaha, yakni lewat Tech 3 Racing pada 2011-2013. Kala itu, Vinales masih berlaga di Moto3. Begitu Crutchlow jadi test rider Yamaha, Vinales punya kesempatan membandingkan data mereka dalam uji coba pramusim pada 6-12 Maret lalu. Ia pun kaget melihat betapa miripnya cara mereka berkendara.

2 dari 3

Konsentrasi Kini Tak Lagi Pecah

"Jujur saja, kami memang berkendara dengan cara yang sangat mirip. Saya cukup terkejut, pada hari terakhir uji coba, saya coba pakai motor Cal, dan rasanya cocok fantastis dengan saya. Hal macam ini membantu saya hanya fokus pada balapan, tak perlu fokus menjajal banyak perangkat baru," ungkap pembalap berusia 26 tahun ini.

"Mentalitas ini sangat berbeda dari tahun lalu, karena terkadang kami harus menjajal begitu banyak perangkat, dan Anda tahu saya ingin semuanya berfungsi dengan baik, namun biasanya tak ada yang bisa berfungsi ketika Anda menjajalnya dalam pekan balap," pungkasnya.

Vinales kini memimpin klasemen pembalap dengan koleksi 25 poin, dan akan kembali berlaga dalam MotoGP Doha, yang juga digelar di Sirkuit Losail pada 2-4 April mendatang.

Sumber: The Race

3 dari 3

Video: Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021, Pecco Bagnaia Tercepat