FOLLOW US:


'Maverick Vinales Tak Lebih Baik dari Marc Marquez'

23-03-2017 14:30
'Maverick Vinales Tak Lebih Baik dari Marc Marquez'
Marc Marquez dan Maverick Vinales © HRC/Yamaha

Bola.net - Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow meyakini perjuangan rider Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales tak akan semudah bayangan orang dalam misi mengalahkan rider Repsol Honda sekaligus juara dunia bertahan, Marc Marquez. Hal ini disampaikan Crutchlow kepada Crash.net di sela persiapan MotoGP Qatar, Rabu (22/3).

Marquez dan Vinales diketahui telah menjadi lawan bagi satu sama lain sejak masih anak-anak. Kini sama-sama turun di MotoGP dan membela dua pabrikan raksasa, rivalitas mereka diprediksi bakal memanas, apalagi Vinales sukses menyapu bersih seluruh uji coba pramusim sebagai rider tercepat.

Hasil gemilang Vinales ini membuatnya diprediksi akan menjadi ancaman utama Marquez selama belasan tahun ke depan. Meski begitu, Crutchlow yakin usaha Vinales takkan pernah mulus, setidaknya tahun ini, di mana untuk pertama kalinya di kelas tertinggi Top Gun mendapatkan motor yang selevel dengan motor Marquez.

Cal Crutchlow (c) AFP
"Mack bakal menghadapi kesulitan dalam mengalahkan Marc, itu jelas. Ini karena Mack belum pernah bertarung dengan Marc secara head-to-head, seperti Marc melawan para rivalnya," ujar juara World Supersport 2009 ini.

Crutchlow juga yakin bahwa talenta Vinales masih berada di bawah Marquez, meski kebanyakan orang, termasuk Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menilai kedua rider muda Spanyol ini justru memiliki level talenta dan performa yang sangat seimbang.

"Saya rasa Mack takkan mengalahkan Marc dalam pertarungan head-to-head, tapi ia akan mengalahkan Marc karena ia punya mesin yang superior, bukan karena ia lebih baik dari Marc, karena ia memang tidak lebih baik dari Marc. Saya bisa pastikan itu," lanjut Crutchlow.

Ketika ditanya apakah Vinales dan Yamaha harus lebih unggul dari Marquez sejak seri pertama demi merebut gelar, ini jawaban Crutchlow. "Tak perlu, karena segalanya bergantung pada bagaimana performa motor Marc, bukan bagaimana performa Marc sendiri," pungkasnya.