FOLLOW US:


Maverick Vinales Tak Turun di Silverstone, Darryn Binder Debut MotoGP di Aragon?

19-08-2021 09:55

 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales Tak Turun di Silverstone, Darryn Binder Debut MotoGP di Aragon?
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha MotoGP

Bola.net - Perubahan besar pada dua skuad Yamaha tampaknya akan benar-benar terjadi mulai MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, 27-29 Agustus mendatang. Pasalnya, Maverick Vinales santer dikabarkan benar-benar takkan diturunkan dalam balapan itu usai kontroversi yang terjadi di MotoGP Styria dan Austria pada tiga pekan terakhir.

Vinales diketahui dapat skors dari Monster Energy Yamaha usai sengaja menggeber motor YZR-M1 miliknya secara berlebihan pada empat lap terakhir Seri Styria. Perilakunya ini dinilai berpotensi merusak mesin, serta membahayakan dirinya sendiri dan para rival. Yamaha pun mencabut partisipasinya dari Seri Austria.

Mengingat kedua belah pihak sudah sepakat berpisah pada akhir musim nanti, insiden itu hanya bisa memperburuk atmosfer antara Vinales dan Yamaha. Yamaha kabarnya sudah ogah menurunkan Top Gun pada sisa musim, dan menurut The Race, nasib Vinales akan ditentukan para bos Yamaha pada Jumat (20/8/2021).

1 dari 2

Crutchlow ke Monster, Dixon Bela Petronas di Silverstone?

Crutchlow ke Monster, Dixon Bela Petronas di Silverstone?
Pembalap Petronas Sprinta Racing, Jake Dixon © Petronas SRT

Meski begitu, seburuk-buruknya hubungan kedua pihak, mendepak Vinales begitu saja merupakan kans berisiko, apalagi jika Yamaha ingin menyabet gelar Triple Crown musim ini. Di lain sisi, jika Vinales memang didepak mulai Seri Inggris, Yamaha ingin mengisi kekosongan di tim pabrikan dengan sang test rider, Cal Crutchlow.

Crutchlow, yang pensiun pada akhir 2020, kembali balapan di Seri Styria dan Austria untuk membela Petronas Yamaha SRT, menggantikan Franco Morbidelli yang cedera lutut dan diperkirakan baru kembali di Seri San Marino di Sirkuit Misano pada 17-19 September. Alhasil, SRT bakal butuh rider lain untuk Seri Inggris dan Seri Aragon.

Nama pembalap Petronas Sprinta Racing Moto2, Jake Dixon, tiba-tiba mencuat di sela Seri Styria dan Austria. Alasannya, Dixon merupakan pembalap asal Inggris, yang bisa menguntungkan bagi publik setempat. Tak hanya itu, ia juga berpengalaman dengan motor-motor besar, menjadi runner up British Superbike (BSB) pada 2018 lalu.

2 dari 2

Darryn Binder Turun di MotoGP Aragon?

Darryn Binder Turun di MotoGP Aragon?
Pembalap Petronas Sprinta Racing, Darryn Binder © Petronas SRT

Kabar soal Dixon yang bisa menggantikan Morbidelli di Silverstone ini juga cukup kontroversial. Pasalnya, meski punya popularitas tinggi di negara asalnya, Dixon belum pernah meraih hasil mentereng dan konsisten selama tiga tahun turun di Moto2. Uniknya, ada niatan lain dari Petronas SRT yang lebih mencengangkan lagi.

Belakangan, nama rider Petronas Sprinta Racing Moto3, Darryn Binder, tiba-tiba muncul sebagai kandidat rider SRT di MotoGP 2022. Ia bisa mengikuti jejak Jack Miller, yang lompat dari Moto3 ke MotoGP pada 2015. Kans Binder pun makin besar usai diminta uji coba di atas superbike YZF-R1 dengan YART di Brno, Ceko, Selasa (17/8/2021).

Debut Binder di MotoGP bahkan bisa terjadi lebih awal. Yamaha dan SRT digosipkan akan menjadikannya pengganti Morbidelli di MotoGP Aragon, Spanyol, pada 10-12 September nanti. Di lain sisi, langkah ini juga dipertanyakan karena meminta seorang rider Moto3 untuk langsung turun balapan di MotoGP tanpa uji coba dinilai cukup berbahaya.

Apakah benar Vinales takkan balapan lagi dengan Yamaha di sisa musim ini? Apakah Dixon dan Binder akan jadi pengganti Morbidelli di Inggris dan Aragon? Nantikan kabar selanjutnya ya, Bolaneters!

Sumber: The Race