FOLLOW US:


Menangi F1 Inggris, Lewis Hamilton Takjub Dekati Rekor Schumacher

15-07-2019 10:45

 | Anindhya Danartikanya

Menangi F1 Inggris, Lewis Hamilton Takjub Dekati Rekor Schumacher
Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton © AP Photo

Bola.net - Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton mengaku tak terlalu suka mengamati statistik prestasinya sendiri, namun tetap senang ketika mendengar bahwa kemenangan di Formula 1 GP Inggris, Minggu (14/7) adalah kemenangannya yang keenam di Sirkuit Silverstone, yakni setelah tahun 2008, 2014, 2015, 2016, dan 2017.

Meski begitu, Hamilton masih mengingat rasanya memenangi Silverstone untuk pertama kali bersama McLaren pada 2008 lalu, dan menyebut sensasinya masih terasa sama pada Minggu lalu. Dalam balapan ini, ia ambil untung dari periode Safety Car untuk memimpin sang tandem, Valtteri Bottas.

"Ini salah satu hari terbaik yang pernah saya ingat. Saya ingat kemenangan perdana saya di sini pada 2008, dan perasaan saat keluar dari Brooklands dan melewati garis finis, melihat semua penonton, rasanya sangat nyata. Sungguh seru, menyenangkan," ungkapnya via Crash.net.

Sebagai pebalap Inggris, Hamilton juga mengaku masih sama takjubnya melihat dukungan publik tuan rumah. "Rasanya tetap sama. Anda pikir Anda terbiasa pada hal ini, atau mungkin mati rasa, tapi rasanya tetap menakjubkan seperti balapan pertama. Jadi saya sangat berterima kasih pada semua orang yang telah membantu saya meraih ini semua," ujarnya.

1 dari 2

Terima Kasih Banyak, Mercedes!

Pebalap berusia 34 tahun ini juga meyakini bahwa hasil-hasil gemilang selama tujuh tahun terakhir tak mungkin ia raih tanpa tim Mercedes yang solid. Ia pun sangat senang bisa punya kesempatan bertemu dengan para pekerja tim di markas mereka yang ada di Brackley, Inggris pada Sabtu (13/7).

"Saya punya tim yang hebat, nyaris 2000 orang di tim kami, dan kami bisa bertemu mereka kemarin. Mereka takkan pernah tahu betapa bersyukurnya saya, tapi rasanya sangat menyenangkan jadi bagian dari mereka, serta mendobrak semua tembok dan rekor, berjuang setiap pekan balap. Anda takkan pernah tahu apakah Anda bisa tampil seperti hari ini," tutur Hamilton.

2 dari 2

Senang Dekati Rekor Schumacher

Selain meraih enam kemenangan di Silverstone, Hamilton juga kini tercatat mengoleksi 80 kemenangan di Formula 1 sejak menjalani debut pada 2007 lalu. Ia pun hanya tertinggal 11 kemenangan dari rekor kemenangan terbanyak dalam sejarah, yang saat ini masih dipegang tujuh kali juara dunia, Michael Schumacher.

"Rasanya sangat menakjubkan. Saya bukan salah satu orang yang suka lihat statistik, lebih fokus pada balapan tiap balapan, dan saya suka metode itu, kecuali saat saya pensiun nanti dan memikirkan berapa banyak kemenangan yang saya raih. Tapi mendengar saya meraih enam kemenangan di sini dan selevel dengan para legenda, merupakan salah satu hal paling keren," tutupnya.

Berkat kemenangan ini, Hamilton makin kokoh di puncak klasemen pebalap dengan koleksi 223 poin, 39 poin atas Bottas di peringkat kedua. Sejauh ini, Hamilton telah mengoleksi sembilan podium, tujuh kemenangan, dan tiga pole. Ia akan kembali turun lintasan di Formula 1 GP Jerman yang digelar di Hockenheim pada 26-27 Juli nanti.