FOLLOW US:


Mercedes Puji Performa Valentino Rossi Kendarai Mobil Formula 1

20-12-2019 16:26

 | Anindhya Danartikanya

Mercedes Puji Performa Valentino Rossi Kendarai Mobil Formula 1
Valentino Rossi saat menjajal mobil F1 W08 milik Lewis Hamilton. © Yamaha

Bola.net - Direktur Strategi Mercedes AMG Petronas Formula 1, James Vowles, melempar pujian kepada Valentino Rossi, yang mengendarai W08 dalam gelaran '#LH44VR46' di Valencia, Spanyol, 9 Desember lalu. Itu adalah mobil yang mengantar Lewis Hamilton meraih gelar dunia 2017.

Dalam event yang digelar oleh Monster Energy tersebut bertukar kendaraan dengan Hamilton, yang juga dapat kesempatan mengendarai Yamaha YZR-M1 milik Rossi tahun ini. Vowles pun menyatakan Rossi cukup luwes dalam membawa mobil tersebut mengaspal di Valencia.

"Pendekatan Valentino sangat cermat. Ia punya fundamental yang tepat soal cara membawa mobil menuju tempat yang ia mau di trek, dan secara intuitif mengerem lebih lambat, serta membawa kecepatan lebih tinggi di tikungan. Ini sangat impresif," tutur Vowles via Crash.net.

1 dari 2

Seorang 'Master Sejati'

Ini bukan pertama kalinya Rossi mengendarai mobil F1, karena ia sempat menjalani uji coba serius dengan Scuderia Ferrari pada 2004-2006, bahkan nyaris pindah ke F1 pada 2007. Vowles pun menyebut Rossi sangat andal dalam pengereman dan corner entry.

"Ini tanda ia adalah 'master sejati', sama sekali tak lepas kendali, secara progresif mampu menemukan performa. Sepanjang hari, ia menunjukkan kekuatan. Salah satunya adalah mengerem lebih lambat, dan melaju di tikungan lebih cepat. Ia sangat andal dalam hal ini," ungkap Vowles.

2 dari 2

Bisa Buktikan Diri Lebih Jauh

Vowles bahkan yakin, jika diberi waktu tambahan 1-2 hari untuk uji coba, Rossi akan lebih dalam memahami karakter mobil tersebut dan bakal jauh lebih cepat lagi, meski agak tertinggal dari Hamilton di tikungan-tikungan cepat.

"Ia masih bisa menunjukkan performa lebih jauh. Di tikungan-tikungan lambat, contohnya saat keluar tikungan menuju trek lurus, ia sangat baik. Tempat di mana ia tertinggal dari Lewis, yang tak membuat saya kaget, hanyalah di tikungan-tikungan cepat," tutup Vowles.

Tak ada catatan waktu resmi yang dirilis dari event ini, baik saat Rossi mengendarai W08, maupun saat Hamilton mengendarai M1. Meski begitu, Sky Sports F1 menyatakan bahwa Rossi tertinggal 1,5 detik dari Hamilton, dan sempat mengalami tiga kali spin.