Miguel Oliveira: Kemenangan Ini Sejarah untuk Portugal!

Anindhya Danartikanya | 23 Agustus 2020 23:28
Miguel Oliveira: Kemenangan Ini Sejarah untuk Portugal!
Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) Facebook/Tech 3 Racing

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, sangat bangga bisa meraih kemenangan perdananya di kelas tertinggi dalam MotoGP Styria yang digelar di Red Bull Ring, Austria, Minggu (23/8/2020). Ia pun menjadi rider Portugal pertama yang mampu memenangi balapan MotoGP.

Oliveira yang start kedelapan, berhasil mempertahankan posisinya pada lap pertama. Ia sempat melorot ke posisi 9 pada lap 5, namun secara perlahan naik ke posisi 7 pada Lap 16. Namun, balapan mendadak dihentikan usai motor Maverick Vinales yang terjatuh di Tikungan 1 pada Lap 17 terbakar dan merusak pagar angin di area tersebut.

Balapan yang seharusnya berdurasi 28 lap, dilanjutkan dengan durasi 12 lap, dan posisi start diambil berdasarkan posisi Lap 16, yang berarti Oliveira start dari posisi 7. Rider 25 tahun ini pun melakukan start dengan sangat baik, langsung merangsek ke posisi 4 pada Lap 1.

1 dari 3 halaman

Merasa Emosional, Tak Bisa Berkata-kata

Oliveira sempat bertarung sengit dengan Brad Binder, namun bisa mempertahankan posisi usai Binder melakukan kesalahan. Pada Lap 6, Oliveira naik ke posisi 3 usai menyalip Joan Mir. Sejak itu, ia menempel ketat Jack Miller dan Pol Espargaro yang bergantian memimpin jalannya balap.

Oliveira pun layaknya dapat durian runtuh. Miller menyalip Espargaro di Tikungan 9, namun keduanya melebar sesampainya di Tikungan 10 alias tikungan terakhir. Oliveira bisa melaju stabil, dan menyalip keduanya sekaligus. Ia pun berhasil melewati garis finis terlebih dahulu.

"Saya sungguh emosional, ada banyak hal yang ingin saya ungkapkan, tapi saya tidak mampu. Saya hanya ingin berterima kasih kepada semua orang yang percaya pada saya. Ada banyak hal yang berkecamuk di kepala saya, tapi terima kasih kepada keluarga dan tim saya, begitu juga semua sponsor saya," ujarnya via MotoGP.com.

2 dari 3 halaman

Menang di Kandang KTM

Kemenangan Oliveira ini pun tentu menjadi salah satu kemenangan yang spektakuler di MotoGP tahun ini. Tak hanya menjadi rider Portugal pertama yang menang di MotoGP, ia juga berhasil membawa KTM menang di 'rumah sendiri, sekaligus mematahkan dominasi Ducati yang telah berkuasa di Austria sejak 2016.

"Terima kasih kepada semua penggemar di Portugal. Akhirnya kita bisa jadi yang terbaik. Terima kasih atas semua dukungan kalian. Ini adalah sejarah bagi saya dan negara saya. Saya tak bisa lebih bahagia lagi daripada melakukannya di 'rumah' KTM dan Red Bull. Terima kasih, semuanya!" pungkas Oliveira.

Kini, Oliveira duduk di peringkat 9 pada klasemen sementara pembalap dengan koleksi 43 poin. Balapan selanjutnya, yakni MotoGP San Marino, akan digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada 11-13 September mendatang.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR