MotoGP Makin Tak Terduga, Marc Marquez: Kini Rider Tak Bisa Punya Target Jelas

Anindhya Danartikanya | 22 April 2022 11:40
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, lagi-lagi mengaku tak punya target muluk dalam Seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, 22-24 April 2022, mengingat peta persaingan di MotoGP kini makin acak dan sulit diprediksi. Hal ini ia sampaikan dalam jumpa pers pada Kamis (21/4/2022) seperti yang dikutip oleh Crash.net.

Empat seri telah berlalu, dan Marquez belum juga menapakkan kaki di tangga podium. Sang delapan kali juara dunia finis kelima di Qatar dan keenam di Austin, serta absen di Mandalika dan Argentina akibat cedera diplopia. Namun, balapan di Austin, meski ia jalani tanpa kondisi fisik yang prima, menghadirkan kepercayaan diri.

Pasalnya, Marquez yang start kesembilan sempat melorot ke posisi 24 akibat kendala teknis pada motornya. Namun, ia mampu mengejar ketertinggalan dan finis keenam. Marquez pun mengharapkan performa yang sama garangnya di Portimao, tapi menegaskan dirinya hanya akan tampil ngotot jika kondisinya bersahabat.

1 dari 2 halaman

Merasa Belum Layak Pikirkan Kemenangan

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

"Jika saya nyaman, maka DNA saya adalah ngotot dan menyerang. Ini yang yang saya lakukan di Austin dan saya akan melakukannya di Portimao jika nyaman. Saya merasa siap, tapi sejauh ini hasil terbaik saya adalah finis kelima. Jadi, saya tak bisa berpikir dari finis kelima lalu menang balapan. Saya masih di tengah-tengah," tuturnya.

Sebelum berambisi meraih kemenangan, Marquez yakin langkah pertama yang harus lakukan adalah meraih progres bertahap. Ia juga tak mau berpikir muluk soal hasilnya karena persaingan MotoGP semakin tak terduga. Sebagai catatan, ada 10 rider berbeda yang menghuni podium pada empat seri pertama musim ini.

"Kini saya harus mengambil langkah selanjutnya, yakni mungkin finis di podium, atau kembali finis di posisi lima besar. Entahlah. Namun, dengan MotoGP yang kini tak bisa diprediksi, Anda tak bisa mendekati akhir pekan dengan target yang jelas. Anda masih harus memahami situasi sepanjang akhir pekan," ungkap Marquez.

2 dari 2 halaman

Senang Portimao Diprediksi Hujan

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Pol Espargaro (c) AP Photo

Soal kondisi fisik menjelang Portimao, Marquez mengaku kini sudah merasa lebih baik usai rehat selama dua pekan. Menurutnya, pekan balap balap di Austin lebih berat karena ia tak bisa berlatih fisik secara intensif, kurang tidur, dan kelelahan karena harus bepergian. Ia juga senang Portimao diprediksi akan diguyur hujan.

"Di Austin, saya benar-benar mengendalikan diri demi bertahan, dan ini sangat membantu saya dalam balapan. Di Portimao, kondisi fisik saya lebih baik, cuacanya juga bisa membantu, karena dalam hujan Anda tak perlu kelewat memaksakan motor. Tapi cara terbaik mendekati akhir pekan ini adalah tanpa ekspektasi," tutupnya.

Saat ini, Marquez berada di peringkat 13 pada klasemen pembalap dengan koleksi 21 poin, tertinggal dua poin dari sang tandem, Pol Espargaro, di peringkat 11. Espargaro telah mengoleksi satu podium usai finis ketiga di Qatar, dan sejauh ini jadi satu-satunya rider Honda yang sudah meraih trofi.

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR