FOLLOW US:


MotoGP Resmi Gelar Balapan Virtual, Diramaikan 10 Pebalap

26-03-2020 09:45

 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Resmi Gelar Balapan Virtual, Diramaikan 10 Pebalap
MotoGP Virtual Race 2020 © MotoGP

Bola.net - Akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang merebak di mana-mana, berbagai kejuaraan olahraga, termasuk MotoGP, harus ditunda dan bahkan dibatalkan. Meski begitu, MotoGP pun punya gagasan unik untuk menghibur para penggemar balap agar tak bosan di rumah, yakni menggelar MotoGP Virtual Race.

Gagasan balapan virtual ini dicetuskan lebih dulu oleh Formula 1, dimulai dengan Grand Prix Virtual Bahrain yang digelar pada Minggu (22/3/2020) lalu. Balapan ini pun diikuti oleh beberapa pebalap yang aktif maupun telah pensiun, serta beberapa tokoh ternama lainnya.

Meski begitu, balapan virtual MotoGP sedikit berbeda, karena akan diikuti oleh 10 pebalapnya yang aktif, yakni Marc Marquez, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Alex Rins, Alex Marquez, Joan Mir, Aleix Espargaro, Miguel Oliveira, Francesco Bagnaia, dan Iker Lecuona.

1 dari 3

Bakal Pakai Sirkuit Mugello

Bakal Pakai Sirkuit Mugello
Sirkuit Mugello, Italia © MotoGP.com

Sama seperti warga kebanyakan negara Eropa, 10 pebalap ini tengah menjalani swakarantina di rumah demi mengurangi potensi penyebaran Covid-19. Mereka pun tak bisa balapan atau menjalani latihan di atas motor, dan hanya bisa menjaga kebugaran fisik di gym pribadi.

Mereka sendiri juga merasa bosan tak bisa menjalani kompetisi apa pun, dan mereka pun bersemangat ketika diminta untuk turun dalam balapan yang akan digelar pada Minggu (29/3/2020) tersebut, meski hanya dalam dunia virtual.

Mereka pun akan memainkan game online resmi dari Milestone, persis seperti yang dipakai dalam Kejuaraan Dunia eSport MotoGP 2020. Dalam balapan nanti, trek yang digunakan adalah Sirkuit Mugello, Italia, dan akan dimulai pada pukul 21.00 WIB.

2 dari 3

Cara Menonton MotoGP Virtual Race

Tanpa ada sesi latihan, sesi kualifikasi pun akan digelar selama lima menit untuk menentukan posisi start. Balapan pun akan digelar sepanjang enam lap. Semua sesi pun bisa disaksikan secara langsung dan gratis lewat:

  • MotoGP.com
  • eSport.MotoGP.com
  • Beberapa stasiun TV terpilih
  • Kanal YouTube MotoGP dan MotoGP eSport
  • Twitter, Instagram, dan Facebook MotoGP dan MotoGP eSport

Nah, siapa yang akan jadi pemenang pertama MotoGP Virtual Race 2020? Temukan jawabannya Minggu nanti ya!

3 dari 3

Video: Valentino Rossi dan 9 Rider MotoGP dengan Followers Terbanyak di Instagram