FOLLOW US:


Mustahil Ancam Marquez, Vinales Puas Finis Kedua di Jerman

08-07-2019 10:30

 | Anindhya Danartikanya

Mustahil Ancam Marquez, Vinales Puas Finis Kedua di Jerman
Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha

Bola.net - Meski gagal memenangi MotoGP Jerman, Maverick Vinales mengaku puas bisa finis kedua di Sachsenring, yakni sirkuit yang dikuasai oleh Marc Marquez dan juga Honda selama 10 tahun terakhir. Dalam jumpa pers usai balap, Minggu (7/7), rider Monster Energy Yamaha ini mengaku mustahil memberi tantangan pada Marquez.

Start dari posisi 3, Vinales mampu naik satu posisi pad alap pembuka, namun tersalip Alex Rins (Suzuki) pada Lap 4. Ia pun berusaha keras mempertahankan posisi tersebut dari ancaman Cal Crutchlow (LCR Honda). Vinales kembali baik ke posisi 2 usai Rins terjatuh di Tikungan 11 pada Lap 19.

Top Gun mengakui bahwa berusaha bertarung dengan Marquez di Sachsenring merupakan tugas yang sangat berat, namun dengan ban depan medium dan ban belakang keras, ia mengaku sudah berupaya seoptimal mungkin untuk menyerang rivalnya sejak masa anak-anak tersebut pada lap-lap pertama

"Saya ngotot menyalip Marc, tapi satu-satunya tempat adalah di area landai. Dengan pengereman saya, mustahil. Saya coba membuat ritme lebih lamban, tapi mustahil. Sejak awal, saya tahu ban saya bakal sulit bertahan sampai akhir. Tapi jika lihat catatan waktu, pilihan ini sudah tepat. Kami akan coba menikmati momen ini," ujarnya.

1 dari 1

Pentingnya Pekan Balap dan Uji Coba di Ceko

Vinales tak memungkiri awal musim ini sangat berat, namun senang karena telah menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Meski gagal finis akibat tertabrak Jorge Lorenzo di Catalunya, Vinales merasa bisa tampil kompetitif. Setelahnya, ia sukses besar meraih kemenangan di Belanda, yakni kemenangan pertamanya sejak Australia tahun lalu.

Momentum positif ini pun berlanjut dengan hasil finis kedua di Sachsenring. Vinales pun berharap bisa mempertahankan momen ini usai rehat musim panas. Salah satu usahanya adalah bekerja dengan baik dalam uji coba pascabalap di Brno, Ceko, pada 5 Agustus nanti.

"Montmelo sungguh disayangkan, karena itu salah satu balapan di mana motor kami punya performa terbaik dengan setup dan grip yang baik. Kami harus terus bekerja seperti ini dan Brno bakal penting bagi kami. Kami akan menjalani uji coba yang baik dan menjajal beberapa hal baru. Saya akan coba mempertahankan momentum ini sampai akhir musim," tutupnya.

Berkat hasil ini, Vinales berhasil mengambil alih peringkat 5 pada klasemen pebalap dari tandemnya sendiri, Valentino Rossi. Kini mengoleksi 85 poin, ia unggul 5 poin dari The Doctor. Mereka akan kembali turun lintasan dalam pekan balap di Brno, Ceko, pada 2-4 Agustus.