Para Rider MotoGP Sepakat ke Meksiko Asal Sirkuit Aman

Anindhya Danartikanya | 25 April 2019 11:25
Cal Crutchlow, Valentino Rossi, dan Marc Marquez. (c) AP Photo

Bola.net - - Para rider MotoGP sepakat untuk balapan di Meksiko dalam waktu dekat, asal pengelola Autodromo Hermanos Rodriguez mau memperbaiki tingkat keselamatan sirkuit. Hal ini dinyatakan oleh Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Cal Crutchlow kepada Crash.net.

Kabar soal peluang Meksiko bergabung dalam kalender balap MotoGP sejatinya sudah terkuak sejak tahun lalu, namun para rider yang tergabung dalam Komite Keselamatan (Safety Commission) mencemaskan lintasan Autodromo Hermanos Rodriguez yang selama ini dipakai oleh Formula 1.

"Kami tahu bahwa kami berpeluang segera datang ke Meksiko, dan jelas kami bakal sangat senang balapan di sana. Tapi pertama, seperti semua sirkuit, mereka harus memperbaiki masalah keselamatan. Mereka telah bekerja dengan Komite Keselamatan. Saya rasa cepat atau lambat kami akan pergi ke sana," ujar Marquez.

1 dari 2 halaman

Rossi Mau Pergi Asal Treknya Aman

Autodromo Hermanos Rodriguez (c) AFP

Rossi sendiri sempat menjadi rider yang cukup vokal soal Autodromo Hermanos Rodriguez saat pertama kali mendengar kabar MotoGP akan pergi ke Meksiko. Meski begitu, ia sangat bersemangat balapan di sirkuit tersebut asal tingkat keselamatan trek disesuaikan dengan kebutuhan ajang balap motor.

"Meksiko merupakan tempat yang hebat, sangat menyenangkan. Tapi bagi kami sangatlah penting treknya bagus, punya kondisi baik, dan terutama punya tingkat keselamatan yang baik pula. Jika mereka bisa memenuhi semuanya, kami jelas akan pergi ke sana," ungkap The Doctor.

2 dari 2 halaman

Crutchlow Tak Mau Lintasannya Diubah

Crutchlow juga bersemangat turun balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez, dan sepakat bahwa tingkat keselamatan trek harus disesuaikan dengan balap motor. Meski begitu, rider LCR Honda Castrol ini berharap pengelola sirkuit tak melakukan perubahan apa pun pada layout lintasan.

"Apa kami akan balapan di trek yang sama dengan F1? Saya menyukainya. Kami harus balapan di sana dengan lintasan yang sudah ada, dan lihat siapa saja yang mau balapan di sana. Bagus jika Meksiko bisa memperbaiki tingkat keselamatan sirkuitnya. Saya menikmati balapan F1 di sana. Tikungan terakhirnya sungguh hebat, sangat keren. Entah MotoGP mau pergi atau tidak. Semoga saja!" pungkasnya.

Andaipun Autodromo Hermanos Rodriguez bisa memenuhi permintaan Komite Keselamatan, belum dipastikan kapan Meksiko bisa benar-benar masuk dalam kalender balap MotoGP. Tahun depan, kejuaraan ini dipastikan bakal terdiri dari 20 seri, dengan tambahan Sirkuit KymiRing di Finlandia. Sementara itu, Indonesia dan Brasil diperkirakan akan bergabung pada 2021.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR