FOLLOW US:


Pemerintah Thailand Tunda Gelaran MotoGP Akibat Wabah Virus Corona

02-03-2020 13:04

 | Anindhya Danartikanya

Pemerintah Thailand Tunda Gelaran MotoGP Akibat Wabah Virus Corona
Pemerintah Thailand tunda gelaran MotoGP 2020. © AP Photo

Bola.net - Hanya beberapa jam usai Grand Prix Qatar untuk kelas MotoGP resmi diumumkan batal, kini giliran Seri Buriram, Thailand, ikut ditunda akibat wabah virus corona atau COVID-19. Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul, pada Senin (2/3/2020).

Keputusan pembatalan pekan balap untuk kelas MotoGP di Qatar diambil menyusul larangan travel ke Qatar usai negara itu mengumumkan kasus pertama pada Minggu (1/3/2020). Qatar pun mengadakan karantina selama dua pekan untuk orang yang baru mengunjungi Italia.

Meski begitu, kelas Moto2 dan Moto3 dipastikan tetap beraktivitas seperti rencana awal di Sirkuit Losail pada 6-8 Maret nanti, karena telah berada di sana sejak Kamis (27/2/2020) untuk menjalani uji coba pramusim terakhir.

1 dari 1

Pernyataan Anutin Charnvirakul

Kini, Seri Thailand yang harusnya digelar pada 20-22 Maret pun ditunda. Kepada Bangkok Post, Charnvirakul pun menyatakan bahwa keputusan ini diambil usai melakukan rapat dengan komite penyelenggara MotoGP dan pekan balap akan ditunda sampai wabah virus corona mereda.

"Penting bagi kami menunda OR Thailand Grand Prix 2020 di Buriram, yang dijadwalkan digelar pada akhir Maret, sampai waktu yang tak ditentukan, mengingat Covid-19 telah dideklarasikan sebagai penyakit berbahaya dan berdampak ke seluruh dunia. Keputusan ini cerminan keseriusan pemerintah dalam mengatasi masalah. Perdana Menteri juga telah diberitahu soal ini, " ujar Charnvirakul.

Meski begitu, sampai berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari FIM (Federasi Balap Motor Internasional), IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional), dan Dorna Sports, selaku promotor MotoGP.