FOLLOW US:


Petronas Yamaha SRT Sebut Franco Morbidelli 'Seniman' Balap Motor

03-03-2021 08:48

 | Anindhya Danartikanya

Petronas Yamaha SRT Sebut Franco Morbidelli 'Seniman' Balap Motor
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli © Petronas SRT

Bola.net - Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, sangat mengagumi kepribadian Franco Morbidelli di luar trek sekaligus karakternya di dalam trek. Lewat Crash.net, Senin (1/3/2021), Razali bahkan menyebut ridernya itu sebagai 'seniman' balap motor karena mampu memadukan dua karakternya yang bertolak belakang tersebut.

Morbidelli selama ini dikenal sebagai pembalap yang sangat 'woles' sampai-sampai penghuni paddock MotoGP mematenkan slogan 'Franky Says Relax' untuknya. Saat meraih hasil buruk, rider Italia berdarah Brasil ini selalu menghadapinya dengan bijak, dan tak pernah melakukan selebrasi berlebihan ketika meraih hasil gemilang.

Di sisi lain, saat berada di dalam trek, Morbidelli dikenal sebagai pembalap yang tak kenal takut dan gaya balapnya sangat agresif. Hal ini bahkan diakui sendiri oleh sang mentor di VR46 Riders Academy yang kini jadi tandemnya, Valentino Rossi. Rossi yang kerap berlatih dengan Morbidelli, menyebutnya 'menakutkan' di lintasan.

1 dari 3

Penuh Hormat dan Berbudi Luhur, Tapi Agresif di Lintasan

Penuh Hormat dan Berbudi Luhur, Tapi Agresif di Lintasan
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli © Petronas SRT

Razali pun kagum pada pembawaan diri Morbidelli, terutama saat ia berani membahas isu rasisme, kesetaraan, dan keberagaman. "Cara Franky bicara, gayanya dalam membawa diri, ia bagaikan seniman, entah itu pelukis atau musisi. Ia adalah seniman dalam dunia balap di atas roda dua. Sungguh menyenangkan bisa bicara dan mengobrol dengannya," tuturnya.

"Ia juga merupakan orang yang sangat tenang, juga punya pandangan yang sangat baik soal kehidupan, terutama saat ia membicarakan keberagaman. Ia bicara dengan penuh hormat dan berbudi luhur. Secara keseluruhan, ia orang baik, namun saat di trek, ia adalah rider yang tangguh dan agresif seperti yang lain," lanjut Razali.

Atas alasan ini, Razali sangat sedih pihaknya masih belum bisa menyediakan YZR-M1 spek pabrikan untuk Morbidelli agar rider 26 tahun itu. Sayang, keinginan ini terhalang oleh situasi kontrak tim dengan Yamaha dan masalah ekonomi akibat Covid-19. Untungnya, Yamaha bersedia memberikan perangkat baru ketika musim berjalan nanti.

2 dari 3

Jaminan Bakal Dapat Perangkat Baru dari Yamaha

"Kami dapat jaminan bahwa motor Franky akan diperbarui pada beberapa area. Saat ini kami belum tahu benar apa yang akan diperbarui, kami baru akan tahu ketika motornya sudah sampai di Qatar. Mereka akan melakukan yang terbaik demi memberikan bantuan apa pun untuk motor Franky tahun ini, seperti tahun lalu," ungkap Razali.

"Ada beberapa hal yang diperbarui tahun lalu, berkat dukungan Yamaha demi memperlebar kans Franky. Itulah alasan kami punya hubungan sangat baik dengan Yamaha. Kami punya motor 2020 untuk Vale dan motor 2019 untuk Franky. Namun, seperti yang Anda lihat, saat ini Franky sangat nyaman dengan motornya," pungkasnya.

Bersama Morbidelli dan Rossi, Petronas Yamaha SRT akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang bakal dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April mendatang.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021