FOLLOW US:


Pilih Fokus Balapan, Marc Marquez Resmi Absen dari Uji Coba MotoGP Qatar

23-02-2021 08:26

 | Anindhya Danartikanya

Pilih Fokus Balapan, Marc Marquez Resmi Absen dari Uji Coba MotoGP Qatar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyatakan takkan turun dalam uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 6-7 dan 10-12 Maret nanti. Ia mengaku bahwa tim dokternya masih memberi lampu merah, namun akan mempertimbangkan kans kembali pada seri pembuka di trek yang sama pada 26-28 Maret.

Seperti yang diketahui, Marquez mengalami kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol 2020 yang mengakibatkan patah tulang humerus pada lengan kanannya. Dalam kurun enam bulan, ia menjalani tiga operasi. Operasi ketiga ia jalani pada awal Desember lalu untuk cangkok tulang karena tulangnya kedapatan mengalami infeksi.

Usai operasi ketiga itu, Marquez diperkirakan butuh waktu enam bulan untuk pulih, namun pemeriksaan medis pada Januari dan Februari menunjukkan progres positif. Namun, tim dokter masih melarangnya berkendara dengan motor apa pun karena konsolidasi tulangnya belum 100% pulih dan massa ototnya juga belum kembali ke kondisi ideal.

1 dari 3

Tunggu Pemeriksaan pada Pertengahan Maret

"Saya takkan berkendara di uji coba Qatar. Soal ini, kami memang sudah melupakannya. Pada tengah Maret nanti saya akan menjalani pemeriksaan lagi dengan dokter, dan saat itulah mereka akan melihat apakah konsolidasi tulang saya sudah baik. Setelahnya, kita lihat saja nanti," tutur Marquez via Crash.net, Senin (22/2/2021).

"Target saya tadinya memang ikut uji coba di Qatar, tapi dokter bilang 'tidak'. Saya pun menerimanya. Target kedua saya kini adalah coba balapan di Qatar. Nanti, dokter akan putuskan. Jika tak memungkinkan, saya akan coba hadir di balapan kedua di Qatar. Jika tidak, maka saya akan coba di Portimao. Beginilah prosesnya," kisahnya.

Delapan kali juara dunia ini juga mensinyalir bahwa dirinya bisa kembali latihan motor dalam waktu dekat, namun soal kans mengendarai motor MotoGP dengan tenaga mesin yang besar dan kecepatan yang supertinggi, ia tak malu-malu mengakui dirinya masih ragu. Selama dokter belum juga memberinya lampu hijau, ia ogah ambil risiko.

2 dari 3

Usai Pulihkan Tulang, Wajib Pulihkan Otot

"Saya hanya akan mengendarai motor MotoGP ketika saya merasakan cara yang tepat, dalam kondisi yang baik pula. Maksud saya, saat ini, andai besok dokter bilang saya bisa naik motor, saya tak punya kondisi yang tepat. Saat konsolidasi tulang saya oke, pulih 100%, maka saya akan coba bekerja memulihkan massa otot saya," ujarnya.

Selain itu, Marquez juga memprediksi aksi comeback-nya takkan bombastis seperti dahulu, yakni usai ia dirundung cedera bahu. Paham betul bahwa cederanya kali ini jauh lebih serius, rider berusia 28 tahun ini menyatakan dirinya pasti bakal butuh waktu lama untuk kembali beradaptasi dengan kecepatan dan level persaingan.

"Saat kondisi fisik saya sudah tepat untuk naik motor MotoGP, maka akan saya lakukan, walau takkan 100% karena saya pasti butuh waktu lama. Yang jelas, saya takkan turun di uji coba Qatar, namun target lain yang sudah terpenuhi adalah pekan ini saya sudah merasa lebih baik dari pekan sebelumnya. Progres inilah target saya," tutupnya.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina