Podium di Silverstone, Maverick Vinales: Sukses dengan Aprilia Hanya Soal Waktu

Anindhya Danartikanya | 8 Agustus 2022 09:31
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, kembali tampil memukau di MotoGP Silverstone, Inggris, Minggu (7/8/2022). Ini ketiga kali beruntun ia mengancam persaingan papan atas sejak perpisahan kontroversial dengan Yamaha. Dalam balapan ini, ia finis kedua usai berebut kemenangan dengan Pecco Bagnaia di dua lap terakhir.

Start kedua, Vinales sempat melorot ke posisi 6 usai mengalami masalah rear ride height device sehingga bersenggolan dengan Fabio Quartararo. Namun, ia terus bersabar menanti momen yang tepat untuk menyerang Quartararo, Jorge Martin, dan Alex Rins. Pada Lap 18, Vinales pun meraih posisi kedua usai menyalip Jack Miller.

Sejak itu, Top Gun pun gaspol, mengejar Pecco Bagnaia yang tengah memimpin balapan. Ia bahkan sempat menyalip Bagnaia dan mengambil alih posisi terdepan. Sayang, ia dua kali melebar di tikungan sehingga Bagnaia kembali memimpin. Vinales akhirnya harus legawa finis kedua, yakni podiumnya yang kedua musim ini.

1 dari 3 halaman

Merasa Harus Coba Salip Pecco Bagnaia

"Saya harus mencobanya (menyalip Bagnaia), karena saya sangat kuat pada bagian akhir balapan. Namun, Pecco mampu membalas dan menutup ruang, sehingga saya tak punya kans lagi. Saya melebar di Tikungan 1 pada lap terakhir, karena ban belakang saya selip. Saya pun melihat ke belakang karena saya tak mau Jack menyalip," ujar Vinales via Diario AS.

Hasil dan performa ini membuat banyak pihak meyakini bahwa Vinales yang lama telah kembali. Pasalnya, ini adalah ketiga kali ia memperebutkan podium. Sebelum Assen dan Silverstone, ia juga sempat ikut meramaikan perebutan podium di Sachsenring, sebelum rear ride height device-nya mengalami kerusakan sehingga ia harus gagal finis.

"Kami harus berpuas diri, karena kami menunjukkan potensi yang baik. Saya merasa lebih baik setiap kali naik motor dan saya menyadari bahwa kami berkembang, dan ada garis yang bisa kami ikuti. Kami bekerja dengan baik bersama Aprilia dan kini ada tiga balapan beruntun di mana kami mampu berebut podium. Di sanalah kami seharusnya berada," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Sejak Awal Selalu Percaya pada Aprilia

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) AP Photo

Vinales menyadari banyak orang yang sempat meragukan dirinya usai butuh waktu lama beradaptasi dengan RS-GP. Namun, juara dunia Moto3 2013 ini tak pernah mendengarkan ucapan negatif orang-orang dan fokus bekerja dengan timnya. Ia juga menyatakan bahwa dirinya tak pernah meragukan RS-GP, yang konsep mesinnya jauh berbeda dengan Yamaha.

"Bagi saya ini hanya soal waktu. Saya harus terus beradaptasi dengan motor ini. Saya belum mencapai level terbaik, tetapi sedikit demi sedikit makin dekat dengan potensi maksimal saya. Kami harus terus bekerja keras. Saya tak sabar menanti Austria, karena treknya baik dan kami bisa cepat. Kini ada sepekan untuk rehat demi kembali lebih kuat," ungkap Vinales.

"Saya tak pernah berpikir Aprilia bukan motor untuk saya. Saya sangat percaya pada proyek Aprilia sejak awal dan saya sangat percaya pada diri saya sendiri. Saya selalu yakin ini hanya soal waktu dan kerja keras. Kami tahu kami punya potensi untuk menang, dan kami hanya fokus pada diri sendiri. Saya pun terus belajar dan fokus pada hal-hal positif," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Klasemen Sementara MotoGP 2022

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) AP Photo

Berikat podium ini, Vinales merangsek ke peringkat kesembilan pada klasemen pembalap dengan koleksi 82 poin, tertinggal 2 poin dari rider Suzuki Ecstar, Alex Rins. Berikut klasemen sementara MotoGP 2022 usai Seri Silverstone, Inggris.

  1. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 180
  2. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia - 158
  3. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati - 131
  4. Enea Bastianini - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 118
  5. Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati - 114
  6. Jack Miller - Ducati Lenovo Team - Ducati - 107
  7. Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 98
  8. Alex Rins - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 84
  9. Maverick Viñales - Aprilia Racing - Aprilia - 82
  10. Miguel Oliveira - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 81
  11. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati - 81
  12. Joan Mir - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 77
  13. Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Racing Team - Ducati - 61
  14. Marc Marquez - Repsol Honda Team - Honda - 60
  15. Luca Marini - Mooney VR46 Racing Team - Ducati - 56
  16. Takaaki Nakagami - LCR Honda IDEMITSU - Honda - 45
  17. Pol Espargaro - Repsol Honda Team - Honda - 42
  18. Alex Marquez - LCR Honda CASTROL - Honda - 27
  19. Franco Morbidelli - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 26
  20. Fabio Di Giannantonio - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 18
  21. Darryn Binder - WithU Yamaha RNF MotoGP Team - Yamaha - 10
  22. Andrea Dovizioso - WithU Yamaha RNF MotoGP Team - Yamaha - 10
  23. Remy Gardner - Tech3 KTM Factory Racing - KTM - 9
  24. Raul Fernandez - Tech3 KTM Factory Racing - KTM - 5
  25. Stefan Bradl - Repsol Honda Team - Honda - 0
  26. Michele Pirro - Aruba.it Racing - Ducati - 0
  27. Lorenzo Savadori - Aprilia Racing - Aprilia - 0

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR