FOLLOW US:


Rider Indonesia Sukses Rebut Poin di WorldSSP300 Imola

16-05-2017 10:00
Rider Indonesia Sukses Rebut Poin di WorldSSP300 Imola
Ali Adrian saat beraksi di Sirkuit Imola, Italia. © Pertamina

Bola.net - Rider muda asal Indonesia, Ali Adrian sukses meraih poin perdana musim ini di kejuaraan World Supersport 300 (WorldSSP300) di Sirkuit Imola, Italia pada Minggu (14/5), yakni salah satu kelas junior kejuaraan WorldSBK. Rider yang akrab disapa Adrian ini berhasil finis di posisi ke-14 dari 37 pembalap yang ikut serta, membuatnya membawa pulang 2 poin.

Mengalami beberapa kendala teknis saat sesi Superpole, pembalap Pertamina Almeria Racing Team ini terpaksa harus puas start dari posisi ke-26. Meski begitu, hal ini tak membuat Adrian patah semangat. Saat balapan dimulai, Adrian pun menjalani start dengan baik dan berhasil naik empat posisi di tikungan pertama.

Pada lap kedua, ia pun sukses melaju di posisi ke-17 dan bersaing dengan Kimi Patova yang membela Kallio Racing, tim milik eks rider Moto2 dan test rider KTM Factory Racing MotoGP saat ini, Mika Kallio. Pada tiga lap terakhir, Adrian pun berhasil menyusul eks rider Moto3, Scott Deroue yang membela MTM HS Kawasaki.

Ali Adrian dan Maturana, sang riding coach. (c) Pertamina
Adrian juga mendapat tekanan dari pembalap lainnya, hingga sempat mengalami insiden senggolan. Meski begitu, konsistensi Adrian membuahkan hasil, berhasil menyusul pembalap Team Toth, Alex Murley dan dapat bertahan di posisi 14 hingga bendera finis dikibarkan.

“Saat start saya sempat melihat 2-3 rider terjatuh, saya hanya fokus menyusul rider di depan saat itu. Akhirnya saya mencatat lap time yang baik dan mampu terus melaju. Alhamdulillah sudah mendapat kepercayaan diri, ritme dengan motor juga semakin baik. Insya Allah dalam balapan berikutnya saya bisa lebih baik lagi," tutur Adrian.

David Garcia selaku manajer tim sekaligus mentor Adrian selama di Almeria, Spanyol pun menyebut Adrian telah menunjukkan perkembangan yang baik, terbukti dari 2 poin yang ia rebut di seri ketiga ini. Menurutnya, Adrian sudah berhasil meraih kepercayaan diri untuk bertarung wheel-to-wheel dengan rider lain.

"Ia juga terlihat makin nyaman dengan Yamaha YZF-R3 yang ia tunggangi. Bahkan catatan waktu terbaik yang ia dapat lebih baik dari latihan bebas dan kualifikasi. Saya cukup senang dan tak sabar untuk melihat penampilan Adrian selanjutnya," pungkas Garcia. Adrian pun akan kembali turun lintasan di WorldSSP300 Inggris di Donington Park, 26-28 Mei mendatang.

Ali Adrian saat beraksi di Sirkuit Imola, Italia. (c) Pertamina