FOLLOW US:


Rider MotoGP Resmi Wajib Pakai Airbag di 2018

12-01-2018 09:10
Rider MotoGP Resmi Wajib Pakai Airbag di 2018
Rider MotoGP resmi wajib pakai airbag di 2018. © AFP

Bola.net - Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports mengumumkan bahwa seluruh pembalap permanen yang turun di MotoGP, Moto2 dan Moto3 tahun ini wajib mengenakan baju balap yang dilengkapi dengan sistem airbag. Airbag ini wajib dipakai di setiap sesi dan harus berfungsi dengan baik di lintasan.

Meski begitu, FIM dan Dorna menyatakan bahwa para rider wildcard satu-satunya pihak yang mendapat pengecualian, dan para rider pengganti dibebaskan dari aturan ini hanya selama dua seri. Setelahnya, baju balap para rider pengganti wajib mengenakan perlengkapan yang sama seperti para rider permanen.

Airbag ini harus menutupi dan melindungi setidaknya area bahu dan tulang selangka (collarbone). Pelindung punggung (back protector) secara penuh atau di bagian tengah bersifat opsional. Meski begitu, jika sebuah pabrikan memilih para ridernya memakai pelindung punggung, maka perangkat ini harus menutupi keseluruhan tulang belakang.

FIM dan Dorna juga menegaskan setiap sistem airbag harus melewati beberapa tes dan sesuai regulasi. Hal yang disorot antara lain baterai dan waktu pembukaan dan inflasi airbag, mengingat airbag yang terbuka secara kebetulan juga harus diperhitungkan.

Pembukaan airbag yang terjadi secara kebetulan tak boleh menimbulkan risiko rider justru mengalami kecelakaan atau menghalangi rider mengendalikan motornya. Sebagai tambahan, sistem airbag tak boleh terkait pada motor dan harus terpicu tanpa rider harus terpisah dari motor.

Untuk saat ini, hanya ada dua pabrikan baju balap yang telah mengembangkan sistem airbag, yakni Dainese dan Alpinestars. Meski begitu, sejak beberapa tahun lalu, kedua pabrikan ini telah mengembangkan sistem airbag yang bisa dipakai sebagai dalaman oleh para pembalap yang tak terkontrak secara eksklusif dengan Dainese dan Alpinestars. (mgp/kny)