Tak Beri Penalti, FIM Stewards Jelaskan Insiden Taka Nakagami di MotoGP Catalunya

Anindhya Danartikanya | 7 Juni 2022 09:44
Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) AP Photo

Bola.net - FIM Stewards akhirnya angkat bicara soal keputusan mereka untuk tak menjatuhkan hukuman kepada rider LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami, yang memicu kecelakaan hebat dengan Alex Rins dan Pecco Bagnaia di Tikungan 1 pada lap pembuka MotoGP Catalunya, Spanyol, Minggu (5/6/2022) lalu.

Nakagami yang start ke-12, merangsek ke depan. Tapi ban depannya selip di Tikungan 1. Ia terjatuh dan motornya menghantam Rins. Selain itu, kepalanya juga membentur keras ban belakang Ducati milik Bagnaia, sehingga rider Italia itu juga gagal finis. Baik Rins maupun Nakagami dilarikan ke rumah sakit.

Ini kedua kalinya Rins dan Nakagami bersenggolan musim ini, sebelumnya terjadi di Mugello, Italia, di mana Rins jatuh dan gagal finis pula. Usai balapan di Mugello, FIM Stewards tak menjatuhkan hukuman pada Nakagami, begitu pula usai balapan kali ini. Hal ini pun membuat Rins, Bagnaia, dan rider lainnya geram.

1 dari 2 halaman

Disebut Mengerem di Titik yang Sama dengan Para Rival

Kecelakaan Takaaki Nakagami, Alex Rins, dan Pecco Bagnaia di MotoGP Catalunya 2022. (c) AP Photo

Dalam pernyataannya lewat Crash.net, Stewards menyatakan bahwa mereka telah mendalami kronologi insiden tersebut lewat semua tayangan yang ditangkap oleh kamera Dorna Sports, termasuk kamera dari helikopter. Mereka pun mengaku bahwa Nakagami ceroboh, namun tak perlu diberi hukuman.

Mereka menyatakan bahwa Nakagami melakukan pengereman pada saat yang sama dengan para rider yang melaju di sekitarnya, namun ban depannya selip sehingga terjatuh. Konsekuensinya, Rins yang berada di sebelahnya ikut terseret ke gravel, dan kepala Nakagami mengenai ban belakang Bagnaia.

Akibat insiden ini, Rins mengalami patah pergelangan tangan kiri, sementara Nakagami mengalami rasa sakit pada leher dan bahu, serta dirawat inap semalaman di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona. Berikut pernyataan FIM Stewards soal insiden Nakagami, Rins, dan Bagnaia seperti yang dilansir oleh Crash.net, Senin (6/6/2022).

2 dari 2 halaman

Pernyataan FIM MotoGP Stewards

"FIM MotoGP Stewards telah mengevaluasi insiden Tikungan 1 antara Takaaki Nakagami, Alex Rins, dan Francesco Baganaia dari setiap sudut pandang (kamera). Dalam bukti yang ditunjukkan oleh berbagai sudut pandang yang diberikan kepada Stewards, termasuk video dari helikopter, ini dianggap sebagai insiden balap tanpa tindakan lebih jauh yang harus diambil.

"Nakagami memperbaiki banyak posisi saat berakselerasi demi maju dari posisi gridnya. Ia dianggap mengerem pada saat yang sama dengan para rider di sekitarnya, tak mengambil keuntungan jarak apa pun yang mengindikasikan sebaliknya. Pembalap #30 kemudian mendapati ban depannya selip dan terjatuh, dengan motor dan sang pembalap kemudian mengalami kontak dengan Rins dan Bagnaia.

"Batasan yang ditetapkan bagi insiden macam ini untuk sampai mendapatkan penalti adalah jika pembalap jelas-jelas terlihat membawa kecepatan yang terlalu tinggi, tanpa ekspektasi beralasan untuk berhasil melewati tikungan."

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR