FOLLOW US:


Takaaki Nakagami Kaget Mendadak Dapat Dukungan Lebih dari Honda

16-12-2020 14:55

 | Anindhya Danartikanya

Takaaki Nakagami Kaget Mendadak Dapat Dukungan Lebih dari Honda
Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami © LCR Honda

Bola.net - Rider LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami, mengaku kaget ketika mendadak mendapatkan dukungan teknis dan moral yang lebih mumpuni dari para insinyur andalan Honda Racing Corporation (HRC) sepanjang MotoGP 2020, mengingat selama ini ia tak termasuk dalam kelompok utama yang mengembangkan RC213V.

Nakagami diketahui mulai dikelilingi para insinyur HRC pada MotoGP Andalusia, sepekan setelah Marc Marquez mengalami cedera patah tulang lengan. Sejak itu, performa Nakagami, meski sekadar mengendarai RC213V versi 2019 dan belum juga naik podium, terus menanjak. 'Taka' pun sadar ini hal tak biasa, namun ia tetap bersyukur.

"Sejak balapan kedua di Jerez, saya dapat lebih banyak perhatian dan dukungan. Saya tak menyangka, karena saya pakai motor 2019 dan bukan bagian dari tim pabrikan. Cal lebih sering dapat dukungan lebih, jadi situasi ini tak biasa bagi saya. Tapi berkat HRC saya bisa meraih hasil lebih baik," ujarnya via Speedweek, Rabu (16/12/2020).

1 dari 3

Bantuan HRC Sangat Berdampak Positif

Bantuan HRC Sangat Berdampak Positif
Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami © Facebook/LCR Honda

Nakagami bahkan dapat arahan langsung dari Direktur Teknis HRC, Takeo Yokoyama, yang selama ini banyak menghabiskan waktu di garasi Marquez. Yokoyama pun tak segan-segan menuntun Nakagami dalam mempelajari data Marquez. "Saran-saran yang mereka berikan sangat membantu dalam uji coba Misano," ujar Nakagami.

"Saya diminta menjajal perangkat baru dan saya terkejut. Kadang sampai ada lebih dari 10 insinyur di garasi saya. Ini menyenangkan, semoga terulang pada 2021. Bantuan mereka sangat positif bagi saya. Saya jadi bisa banyak tanya dan mengalami kemajuan. Saya pun ingin makin kompetitif tahun depan," lanjutnya.

2 dari 3

Tak Mau Jemawa Dapat RC213V Versi 2020

Tahun depan, HRC bahkan akan memberikan motor RC213V versi 2020 kepada Nakagami, yang berarti seluruh pembalap Honda akan menggunakan spek motor yang sama. Nakagami sendiri sudah menjajal motor ini dalam beberapa lap di uji coba Misano, namun ia sadar bahwa beberapa lap saja tidaklah cukup untuk belajar.

"Pertama, saya harus memahami potensi motor 2020, karena saya belum mengumpulkan banyak informasi. Karakternya berbeda dari motor 2019. Jadi, kami harus memperbaiki diri di berbagai area. Pengereman dan corner exit adalah kekuatan Honda, tapi ada area lain yang bisa kami tingkatkan. Kami akan fokus pada itu," tutupnya.

Sumber: Speedweek

3 dari 3

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021