FOLLOW US:


Tekad Ancam Fabio Quartararo, Joan Mir Ingin Segera Menang

19-08-2021 13:58

 | Anindhya Danartikanya

Tekad Ancam Fabio Quartararo, Joan Mir Ingin Segera Menang
Joan Mir dan Fabio Quartararo © Suzuki Racing

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, sangat yakin dirinya punya potensi memenangkan balapan di MotoGP 2021, dan bahkan untuk mempertahankan gelar dunia. Kepada Motorsport Total pada Kamis (19/8/2021), rider Spanyol ini mengaku sangat yakin bisa menang usai tampil baik dalam beberapa balapan terakhir.

Seperti diketahui, Mir belum juga menang sejak MotoGP Eropa 2020. Namun, sama seperti tahun lalu, rider 23 tahun ini tampil sangat konsisten. Sejauh ini, ia sudah meraih empat podium, dan bahkan tampil sangat mengancam di Styria dan Austria, saat Suzuki menghadirkan rear ride-height device pada GSX-RR.

Usai finis keempat di Seri Austria, kini Mir berbagi peringkat kedua klasemen pembalap dengan Pecco Bagnaia, mengoleksi 134 poin, tertinggal 47 poin dari Fabio Quartararo yang ada di puncak. Mir menyatakan, strateginya pada sisa musim ini takkan berubah, karena sejak awal ia memang membidik trofi dan gelar.

1 dari 2

Bakal Kaget Kalau Tak Bisa Menang

Bakal Kaget Kalau Tak Bisa Menang
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir © Suzuki Racing

"Tak ada yang berubah. Saya tetap menghadapi seri demi seri. Memang benar balapan musim ini makin sedikit yang tersisa, dan tiga seri ke depan bakal sangat menentukan. Tapi lebih penting mempertahankan sensasi baik ini. Spielberg bukan trek terbaik kami, namun saya bisa meraih beberapa poin, meski saya berharap lebih," ungkap Mir.

Dengan kalender balap yang masih berpotensi berubah lagi akibat Covid-19, MotoGP 2021 setidaknya memiliki 7-8 seri tersisa. Mir pun berharap bisa merebut setidaknya dua kemenangan di antara balapan-balapan tersebut. Jika berhasil mewujudkannya, ia yakin bisa memberikan ancaman kepada Quartararo dalam perebutan gelar.

"Kami harus memenangkan satu atau dua balapan demi meraih gelar. Kini ada trek-trek yang lebih baik untuk kami. Itulah alasan saya yakin akan ada kesempatan. Penting bagi kami untuk terus memperbaiki diri. Saya rasa saya harus menang setidaknya dua balapan untuk juara. Saya bakal kaget jika saya tak butuh kemenangan," ujarnya.

2 dari 2

Fabio Quartararo Pikul Beban Besar dari Yamaha

Fabio Quartararo Pikul Beban Besar dari Yamaha
Fabio Quartararo dan Joan Mir © Yamaha MotoGP

Mir juga yakin 7-8 seri tersisa ini merupakan kans emas baginya untuk mengejar Quartararo. Pasalnya, El Diablo sudah mulai pasang kuda-kuda untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen. Beban yang ia pikul juga besar demi merebut hasil baik untuk Yamaha, apalagi jika mengingat tiga rider Yamaha lainnya kurang garang.

"Saya rasa Fabio kini mulai memikirkan gelar. Ia punya keunggulan besar dan tekanan juga makin besar. Hal macam ini tak mudah ditangani. Semua beban Yamaha juga tertumpu padanya, sementara tahun lalu ia tak punya tanggung jawab ini. Tentu ia menjalani musim ini dengan sangat baik, namun tekanannya lebih tinggi," tuturnya.

Quartararo pun menanggapi pernyataan Mir tersebut, dan mengaku santai saja. "Saya rasa itu strategi Joan untuk membuat saya tertekan. Pernyataannya sama sekali tak memengaruhi saya. Ini hanya permainan untuk bersenang-senang. Saya sendiri akan coba merebut kemenangan di Silverstone," pungkas rider Monster Energy Yamaha ini.

Sumber: Motorsport Total