Toprak Razgatlioglu Nantikan Sambutan Fans Indonesia di WorldSBK Mandalika

Anindhya Danartikanya | 19 Oktober 2021 10:50
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, sangat penasaran menjajal Sirkuit Mandalika yang akan menggelar WorldSBK Indonesia pada 19-21 November mendatang. Lewat situs resmi kejuaraan pada Senin (18/10/2021), El Turco mengaku tahu para penggemar Tanah Air sudah sangat menantikan kedatangan ajang ini.

Dalam Seri Argentina di Sirkuit San Juan Villicum akhir pekan lalu, Razgatlioglu sukses memenangi Race 1 dan Superpole Race. Ia hampir memenangkan Race 2, namun ia justru diasapi oleh Scott Redding dan Jonathan Rea. Di lain sisi, rider asal Turki ini mengaku sudah yakin sejak awal bahwa misinya mencetak hattrick tidaklah mudah.

"Kami hampir meraih tiga kemenangan, tapi usai Superpole Race, saya yakin takkan mudah, karena semua orang sangat cepat. Saya sudah berusaha sebaik mungkin, memperebutkan posisi kedua di tiga lap terakhir. Namun, Jonny sangat cepat. Finis ketiga berarti naik podium lagi. Ini bagus, kami meraih poin penting, dan kami akan coba menang lagi di Indonesia," tuturnya.

1 dari 2 halaman

Biasanya Cepat Pelajari Trek Baru

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Kini Razgatlioglu masih di puncak klasemen pembalap dan unggul 30 poin atas Rea. Dengan satu seri tersisa, maka ada masih ada tiga balapan lagi yang harus mereka jalani, dan ada 62 poin maksimal yang tersedia untuk raih. Alhasil, Mandalika akan jadi match point terakhir bagi Razgatlioglu untuk mengunci gelar dunia.

Rider 25 tahun ini pun penasaran pada layout Mandalika, mengingat ia salah satu pembalap yang punya kemampuan apik dan cepat dalam mempelajari trek baru. Meski sangat ingin merebut kemenangan, Razgatlioglu tak mau sesumbar, apalagi persaingan sangat ketat. Rea dan Redding bisa menyerangnya kapan saja.

"Ini trek baru untuk semua orang, tapi biasanya saya suka trek baru, karena saya bisa cepat mempelajarinya. Saya akan coba menang lagi. Saya sangat fokus pada hal ini. Namun, sulit mengatakan apakah saya bisa langsung cepat atau menang di trek baru, karena semua rider kuat. Tiap pekan balap, klasemen berubah. Jadi, kita lihat saja nanti," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Fans Indonesia Sudah Menanti WorldSBK

Desain Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia (c) MotoGP

Meski belum pernah berkunjung ke Indonesia, Razgatlioglu tampaknya menyadari bahwa Indonesia memiliki kelompok penggemar balap motor yang sangat masif. Ia pun yakin penggemar Tanah Air akan menyambutnya dengan hangat, seperti halnya yang dilakukan para penggemarnya di Argentina, yang juga punya banyak fans balap motor.

"Saya rasa trek di Indonesia bakal sangat menyenangkan. Selain itu, para penggemar di Indonesia sudah menantikan WorldSBK, dan ini sangat bagus. Saya juga suka fans dari Argentina. Saya rasa mereka sangat gila! Saya ingat orang-orang di sana memanggil saya 'El Turco', ini sangat menyenangkan bagi saya. Usai balap, saya bertemu mereka dan rasanya menakjubkan," tutupnya.

Berikut klasemen sementara WorldSBK 2021 usai Seri Argentina:

  1. Toprak Razgatlioglu - Yamaha - 531
  2. Jonathan Rea - Kawasaki - 501
  3. Scott Redding - Ducati - 465
  4. Michael Ruben Rinaldi - Ducati - 278
  5. Andrea Locatelli - Yamaha - 270
  6. Michael van der Mark - BMW - 236
  7. Alex Lowes - Kawasaki - 213
  8. Garrett Gerloff - Yamaha - 213
  9. Axel Bassani - Ducati - 199
  10. Alvaro Bautista - Honda - 180
  11. Tom Sykes - BMW - 167
  12. Leon Haslam - Honda - 134
  13. Chaz Davies - Ducati - 131
  14. Kohta Nozane - Yamaha - 54
  15. Loris Baz - Ducati - 53
  16. Tito Rabat - Kawasaki - 50
  17. Lucas Mahias - Kawasaki - 44
  18. Eugene Laverty - BMW - 40
  19. Isaac Vinales - Kawasaki - 35
  20. Christophe Ponsson - Yamaha - 31
  21. Leandro Mercado - Honda - 26
  22. Jonas Folger - BMW - 21
  23. Samuele Cavalieri - Ducati - 12
  24. Marvin Fritz - Yamaha - 6
  25. Loris Cresson - Kawasaki - 3
  26. Andrea Mantovani - Kawasaki - 2
  27. Luke Mossey - Kawasaki - 2

Sumber: WorldSBK

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR